Gadget

Cara Menyimpan File Dengan Format PDF Pada WPS Office Presentasi

Afdal Rahendra
Oktober 10, 2022
0 Komentar
Beranda
Gadget
Cara Menyimpan File Dengan Format PDF Pada WPS Office Presentasi

Apakah kamu tahu cara menyimpan file dengan format PDF pada WPS Office presentasi?

Bagi kamu yang sering mengikuti seminar atau sering membuat slide presentasi, tentunya berkeinginan menyimpan presentasi tersebut dalam bentuk PDF agar mudah dibagikan ke orang lain. Akan tetapi banyak dari mereka yang tidak mengetahui bagaimana cara melakukan hal tersebut. Bahkan ada beberapa kasus yang saya temui, mereka langsung print presentasi tersebut sehingga menciptakan slide show print yang tidak sesuai dengan ukuran kertas.

sebab itu pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menyimpan presentasi tersebut agar menjadi PDF sehingga mudah kamu bagikan ke orang lain atau di cetak menggunakan WPS Office.

Cara Menyimpan File Dengan Format PDF Pada WPS Office Presentasi

Cara Menyimpan File Dengan Format PDF Pada WPS Office Presentasi
Seperti yang kita ketahui bahwasanya dalam sebuah paket aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office dan WPS Office dibekali dengan kemampuan untuk membuat file berformat PDF. Hal tersebut dibuat untuk mempermudah para pengguna agar bisa mengubah file tugas mereka menjadi rapi dan tidak merusak format ketika memindahkannya ke perangkat lain.

Tapi banyak dari mereka yang tidak mengetahui bahkan sangat jarang sekali menggunakan file berformat PDF ini untuk mengubah lembar kerja presentasi. Sebab itu saya akan menjelaskan bagaimana cara menyimpan file dengan format PDF pada WPS Office presentasi baik di PC/Laptop maupun di HP.

Mengenal Apa itu WPS Office Presentasi

Sebelum masuk ke pembahasan utama, alangkah baiknya kita bahas sedikit tentang “Apa itu WPS Office Presentasi.”

Presentasi merupakan sebuah aktivitas bercakap dalam memaparkan sesuatu di depan orang banyak. Aktivitas ini dilakukan untuk menyampaikan tema, gagasan, ide pokok, materi pembelajaran dan pengetahuan informasi lainnya kepada orang lain.

Sedangkan WPS Office Presentasi merupakan sebuah perangkat lunak pada aplikasi WPS Office yang berguna dalam membantu pemaparan presentasi digital. Aplikasi WPS Office presentasi ini berfungsi untuk mempermudah kamu dalam membuat pemaparan materi secara digital sehingga ketika melakukan presentasi kamu tidak perlu melakukan penulisan manual di depan lagi.

Penggunaan presentasi digital ini sudah sangat marak pada saat sekarang, apalagi semenjak Corona dan sekolah online. Banyak instansi yang menggunakan cara ini dalam memaparkan materi mereka, terutama seminar online.

Akan tetapi terdapat sedikit permasalahan dimana setelah mengikuti materi tersebut, biasanya para peserta hanya mendapatkan slide show dari presentasi tersebut. Padahal tidak semua peserta bisa membuka slide show, apalagi mereka yang mengikutinya menggunakan HP.

Sebagai narasumber, kamu bisa memberikan slide show itu dalam bentuk PDF yang mana lebih mudah dibuka pada semua perangkat, tidak terbatas pada PC/Laptop saja, namun juga bisa di bukan pada HP.

Untuk lengkapnya berikut tata cara menyimpan file dengan format PDF pada WPS Office presentasi.

Menyimpan Slide Show Presentasi Agar Berformat PDF

Cara melakukan penyimpanan ini sebenar cukup mudah dan simpel, baik bagi kamu yang menggunakan WPS Office PC/Laptop maupun kamu yang menggunakan di HP. Berikut langkah-langkah cara menyimpan file dengan format PDF pada WPS Office presentasi.

Menyimpan File Dengan Format PDF Pada WPS Office Presentasi PC

  1. Buka slide show presentasi yang akan kamu ubah menjadi PDF di WPS Office PC.
  2. Setelah itu silahkan kamu klik menu pada bagian kiri atas.
  3. Terus ambil “Simpan Sebagai/Save As” dan selanjutnya kamu akan diarahkan untuk mencari lokasi penyimpanan file.
  4. Silakan pilih lokasi penyimpanan file.
  5. Sebelum menekan tombol simpan, silakan ubah terlebih dahulu tipe file yang akan kamu simpan menjadi “PDF.”
  6. Jika sudah, baru tekan simpan dan file slide show kamu sudah berubah menjadi PDF.

Menyimpan File Dengan Format PDF Pada WPS Office Presentasi HP

  1. Bukalah file slide show presentasi yang akan kamu ubah menjadi PDF di WPS Office HP.
  2. Setelah itu silakan tekan “alat” dan tekan “Simpan Sebagai/Save As.”
  3. Setelah itu kamu juga akan diarahkan untuk mencari lokasi dimana file akan disimpan.
  4. Setelah menentukan lokasi penyimpanan, pada bagian bawah sebelah kanan samping nama file, terdapat tipe file penyimpanan. Tekan segitiga terbalik di situ dan pilihlah PDF dan simpan.
  5. Sekarang file slide show kamu itu sudah berubah menjadi PDF.


Setelah merubah file slide show tersebut menjadi PDF, sekarang kamu sudah bisa mengirimkan file tersebut ke orang lain agar mudah mereka buka dan lihat saat kamu melakukan presentasi.

Itulah cara menyimpan file dengan format PDF pada WPS Office presentasi baik di Laptop/PC maupun di HP. Semoga cara ini membantu kamu dan mempermudah kamu dalam memanfaat Gadget di zaman sekarang.

Penulis blog

Tidak ada komentar