Gadget

Apa yang Terjadi Jika Menghapus Data WPS Office

Afdal Rahendra
Oktober 07, 2022
0 Komentar
Beranda
Gadget
Apa yang Terjadi Jika Menghapus Data WPS Office
Apa yang Terjadi Jika Menghapus Data WPS Office

Apakah kamu pengguna WPS Office? Apakah kamu tahu apa yang akan terjadi jika menghapus data WPS Office di Android dan PC?

WPS Office merupakan sebuah aplikasi alternatif yang membantu kamu dalam mengerjakan semua pekerjaan perkantoran, mulai dari pembuatan dokumen, PDF, pembuatan presentasi dan pengolahan data. Enaknya aplikasi ini tidak hanya bisa kamu gunakan pada PC saja, namun juga bisa kamu gunakan pada perangkat android.

Berbeda dengan Microsoft Office versi android yang setiap bagiannya terpisah, WPS Office tetap menggabungkan semua aplikasinya dalam satu paket. Jadi kamu hanya perlu mendownload WPS Office di Play store atau app store dan sudah bisa menggunakan semuanya.

Apa yang Terjadi Jika Menghapus Data WPS Office

Ketika menggunakan aplikasi terkadang kita tidak sengaja menghapus data dari aplikasi tersebut. Hal ini sering terjadi bagi pengguna android yang penyimpanan internalnya sudah mulai habis dan diminta menghapus beberapa data untuk mengosongkan ruang.

Jika hal tersebut terjadi, hal apakah yang terjadi pada WPS Office? Sebenarnya ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, satunya baik dan satunya cukup buruk. Apakah itu? berikut penjelasannya.

1. Dampak Baik dari Menghapus data WPS Office

Ada dampak baik yang bisa kamu dapatkan ketika menghapus data WPS Office baik yang di PC maupun android. Hal tersebut berlaku bagi kamu yang penyimpanannya penuh atau WPS Office-nya sedang mengalami error. Setelah melakukan riset data biasanya permasalahan seperti itu bisa teratasi dan kamu bisa menggunakan WPS Office dengan normal kembali.

Cara ini juga berlaku ketika kamu melakukan penghapusan aplikasi dan menginstalnya kembali. Kedua cara ini sama-sama melakukan penghapusan data, kecuali kamu memilih untuk mempertahankan data ketika menghapus aplikasi. Biasanya data WPS Office tidak akan hilang.

2. Dampak Buruk dari Menghapus WPS Office

Walaupun memiliki dampak baik, penghapusan data WPS Office juga memiliki dampak buruk yaitu bisa menyebabkan kehilangan dokumen. Hal ini biasanya terjadi pada aplikasi versi android dimana ketika kamu lupa menyimpan sebuah dokumen, aplikasi akan secara otomatis menyimpan data. Ketika membuka WPS Office kembali, dokumen yang lupa kamu simpan tadi bisa kamu kerjakan kembali tanpa kehilangan.

Akan tetapi dokumen tersebut akan benar-benar hilang dan terhapus apabila kamu melakukan penghapusan data. Selain itu jika kamu biasa menyimpan data di WPS cloud, kamu juga bisa mengalami kehilangan data apabila tidak kembali memasukkan email yang sama. WPS Office sendiri memberikan ruang penyimpanan awan kepada pengguna aplikasi mereka yang mendaftar menggunakan email sebesar 1gb free. Penyimpanan itu bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan data tanpa memakan penyimpanan HP atau PC.

Data yang kamu simpan pada WPS Cloud ini juga sinkron untuk semua WPS Office pada perangkat berbeda. Akan tetapi ada syarat khusus untuk bisa mengaksesnya yaitu harus menggunakan email yang sama. Hal ini tentu akan menjadi permasalahan besar ketika kamu biasa menyimpan data pada WPS Cloud namun lupa password email. Ketika kamu melakukan penghapusan data WPS Office, maka semua dokumen itu akan hilang.

Kesimpulan dari Apa yang Terjadi Jika Menghapus Data WPS Office

Dari pembahasan di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwasanya menghapus data WPS Office dapat membuat WPS Office bisa beroperasi dengan baik kembali ketika ada error. Namun juga bisa membuat kehilangan data apabila kamu lupa akun yang digunakan ketika melakukan penyimpanan data di WPS Cloud.


Itulah pembahasan dari apa yang terjadi jika menghapus data WPS Office, semoga pembahasan ini membantu kamu sehingga bisa memilih sebelum melakukan tindakan tersebut.

Penulis blog

Tidak ada komentar