Widget HTML Atas

Salah Satu Hal Yang Membedakan Cerpen Dan Puisi Adalah

Salah Satu Hal Yang Membedakan Cerpen Dan Puisi Adalah

Afdal Rahendra - Pada dasarnya ada hal yang membedakan antara cerpen dan puisi. Perbedaan tersebut sangatlah signifikan dan mudah diketahui. Bagi kamu yang pernah melihat cerpen dan puisi pasti sudah tidak asing lagi dengan perbedaannya. Akan tetapi apakah kamu mengetahui perbedaan antara cerpen dan puisi tersebut secara pengertian?

Pada artikel kali ini akan saya bahas hal yang membedakan antara cerpen dan puisi tersebut.

Mengenal Apa Itu Cerpen

Cerpen atau cerita pendek merupakan sebuah karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas, dan ringkas. Biasanya cerpen hanya memuat kisah pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja. 

Cerpen juga disebut sebagai fiksi prosa, karena ceritanya hanya fokus pada satu konflik permasalahan yang dialami si tokoh. Dalam cerpen juga terdapat pengenalan karakter hingga penyelesaian masalah yang dialami si tokoh.

Karena cerpen hanya cerita pendek, maka isi dari cerpen juga tidak terlalu panjang biasanya tidak lebih dari 10.000 kata. Permasalahan yang disajikan dalam cerpen terkadang juga tidak terlalu rumit. Hal inilah yang membuat jumlah kata pada cerpen dibatasi.

Cerpen sendiri terdiri dari banyak jenis cerita seperti genre pencintaan, kasih sayang, jenaka, dan lain sebagainya. Di dalam cerpen juga terkandung pesan serta amanat untuk pembaca, sehingga tidak hanya sebagai hiburan namun juga memberikan pesan moral.

Mengenal Apa Itu Puisi

Jika berpatokan ke Kamus Besar Bahasa Indonesia puisi memiliki pengertian ragam sastra yang bahasanya Terikat oleh Irama matra Rima serta penyusunan larik dan bait. Puisi sendiri disusun dari berbagai gubahan dalam bahasa dengan bentuk yang sudah dipilih dan ditata secara cermat.

Sejarah susunan dan struktur biasanya puisi lebih pendek dan di dalamnya dibuat lebih padat singkat dan diberi Irama dengan bunyi yang padu serta pemilihan kata yang imajinatif. Secara tidak langsung puisi dapat dikatakan sebagai ekspresi bahasa yang kaya serta penuh dengan daya pikat.

Ciri-Ciri Puisi Dan Cerpen

Terdapat dua jenis ciri-ciri dalam puisi yaitu puisi lama dan puisi baru. Berikut ciri-ciri dari puisi tersebut.

Puisi lama merupakan puisi yang biasanya pengarang puisi tersebut tidak diketahui. Puisi ini juga merupakan sebuah sastra lisan karena disampaikan dari mulut ke mulut. Selain itu puisi lama juga sangat terikat pada aturan-aturan baku seperti jumlah baris tiap bait, jumlah suku kata ataupun rima.

Sedangkan puisi baru memiliki ciri-ciri bentuk yang lebih rapi serta simetris. Persajakan akhirnya juga lebih teratur dibandingkan puisi lama. Untuk penyusunannya juga menggunakan pola sajak pantun dan syair, meskipun dengan pola yang cukup berbeda.

Umumnya puisi baru terdiri dari puisi 4 seuntai. Untuk setiap baris atasnya merupakan sebuah gatra atau kesatuan sintaksis. Sedangkan untuk setiap gatra tersebut terdiri dari 2 kata dengan 4 sampai 5 suku kata.

Hal Yang Membedakan Cerpen Dan Puisi

Salah satu hal yang membedakan cerpen dan puisi adalah?

Jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya sangatlah mudah. Sebab itu silakan simak pembahasan ini agar kamu benar-benar paham dan mengetahui perbedaan keduanya.

  1. Hal pertama yang membedakan kedua jenis karya sastra tersebut ialah, pada cerpen tidak terdapat rima sedangkan pada puisi terdapat rima.
  2. Hal kedua yang membedakan kedua jenis karya sastra tersebut ialah, cerpen ditulis dalam bentuk paragraf sedangkan puisi ditulis dalam bentuk bait.
  3. Selanjutnya yang membedakan kedua jenis karya sastra tersebut adalah, cerpen bermakna denotasi sedangkan puisi bermakna konotasi.
  4. Terakhir hal yang membedakan kedua jenis karya sastra tersebut ialah, pada cerpen belum tentu terdapat majas sedangkan puisi memiliki majas.

Itulah penjelasan tentang salah satu hal yang membedakan cerpen dan puisi. Semoga pembahasan di atas bisa kamu pahami, sehingga dapat membedakan kedua jenis karya sastra tersebut. 

No comments for "Salah Satu Hal Yang Membedakan Cerpen Dan Puisi Adalah"