Widget HTML Atas

Mengenal Apa Itu Puisi

Sewaktu sekolah pada dasarnya siswa pasti diperkenalkan dengan yang namanya "Puisi". Seiring dengan tingkat pendidikan, pembelajaran akan puisi semakin meningkat dan dalam. Akan tetapi banyak dari mereka yang tidak benar-benar mempelajari mengenai puisi tersebut, sehingga menjadikan materi tersebut sebagai pembelajaran saja.

Padahal pada dasarnya dalam dunia penulisan, puisi bisa menjadi salah satu karya yang menjanjikan. Banyak penulis terutama puisi yang mendapatkan penghasilan dari tulisan dan karya yang dia buat. sebab itu pada  pembahasan kali ini, saya akan mencoba mengenalkan apa itu puisi kepada pembaca blog ini. Harapannya semoga dengan bacaan ini, pembaca dapat tambahan wawasan tentang puisi tersebut.

Mengenal Apa Itu Puisi

Mengenal Apa Itu Puisi

Secara pengertian puisi merupakan sebuah karya sastra yang dibuat oleh penyair untuk mengungkapkan perasaannya. Secara artian puisi juga bisa dianggap sebagai ungkapan emosi, imajinasi, ide, pemikiran dari seseorang yang disusun dalam bentuk kata berupa kiasan yang indak sehingga bisa dimaknai. Dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, puisi sendiri memiliki makna ragam sastra menggunakan kata yang terikat dengan irama, matra, rima serta disusun menggunakan larik dan baik.

Beberapa para ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai apa itu puisi. Untuk lebih jelasnya berikut pengertian menurut para ahli.

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Herman J Waluyo : Berpendapat bahwa puisi adalah sebuah sebuah karya sastra dalam bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberikan rima dengan bunyi yang padi serta pemilihan kata-kata kias atau imajinatif.

Watt Dunton : Berpendapat bahwa puisi adalah sebuah ekspresi konkret yang bersifat artistik dari pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.

Aisyah : Berpendapat bahwa puisi merupakan hasil penafsiran penyair terhadap kehidupan.

Suroto : Berpendapat bahwa puisi adalah karangan singkat, padat, serta pekat.

Pradopo : berpendapat bahwa puisi adalah rekaman dan interpretasi dari berbagai pengalaman manusia yang penting, diubah dalam bentuk serta wujud yang paling berkesan.

Herbert Spencer : Berpendapat bahwa puisi adalah ungkapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan keindahan dan efek estetis.

Dunton : Berpendapat bahwa puisi adalah pemikiran manusia secara konkret namun artistik dalam bahasa yang berirama atau berima seperti musik.

Samuel Taylor Coleridge : Berpendapat bahwa puisi adalah kata-kata terindah yang disusun secara indah pula.

Dari pendapat pari ahli tersebut dapat kita ambil sebuah kesimpulan bahwasanya puisi merupakan sebuah ungkapan manusia yang disusun dalam bentuk kata serta memiliki nilai keindahan di dalamnya.

Itulah penjelasan mengenai apa itu puisi. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca mengenai apa itu puisi sehingga dapat menjadi penulis puisi pada akhirnya.


No comments for "Mengenal Apa Itu Puisi"