PENDIDIKAN

Jelaskan Mengapa Kita Harus Menghormati dan Menaati Guru

Afdal Rahendra
Oktober 05, 2022
0 Komentar
Beranda
PENDIDIKAN
Jelaskan Mengapa Kita Harus Menghormati dan Menaati Guru
Jelaskan Mengapa Kita Harus Menghormati dan Menaati Guru

Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan menaati guru?

Dalam sebuah ujian sekolah atau dalam keseharian, tentunya sebagai anak sekolah kamu pernah ditanyai hal ini bukan. Lalu kenapa harus demikian?

Ada banyak alasan seorang anak/siswa harus menghormati guru. Akan tetapi banyak dari mereka tidak menyadari bahwa mengetahui apa alasan tersebut dan membiarkan berlalu begitu saja. Bahkan sebagian dari mereka lebih memilih menghormati guru yang mereka senangi.

Pengertian Hormat

Merujuk ke KBBI, hormat memiliki atri menghargai atau sopan. Dalam artian jika kamu menghormati seseorang, sama halnya dengan kamu menghargainya dan sopan padanya.

Pengertian Menaati

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, menaati memiliki arti patuh atau menurut pada aturan perintah dan lain sebagainya. Orang yang patuh ialah mereka yang menuruti perintah dari seseorang, entah itu atasan atau orang yang memiliki kepentingan yang lebih tinggi darinya.

Mengapa Harus Menghormati dan Menaati Guru

Prinsip yang selalu ditanamkan kepada setiap siswa ketika mereka menempuh jenjang pendidikan ialah "guru adalah orangtua kedua." Tidak ada yang salah dengan kakak ini karena guru memang sepantasnya dikatakan orang tua karena bertugas mengajarkan anak dari tidak mengetahui apa-apa hingga bisa mengetahui segalanya.

Tentunya bakal yang diberikan oleh guru tersebut diharapkan bisa membuat siswa menjadi pribadi yang berkualitas sehingga bisa menyongsong masa depan yang cerah. Bahkan menurut Umar As-Sfyni, tidak akan berkah ilmu seseorang apabila dia tidak patuh, hormat, dan berakhlak buruk kepada gurunya. Dalam artian siswa yang menghormati dan menaati gurunya akan memperoleh bukan hanya ilmu, tapi juga keberkahan dari ilmu tersebut.

Lantas apa alasan kenapa harus menghormati dan menaati guru? Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan mengapa kita harus menghormati dan menaati guru.

1.Media Pertama Pembelajaran

Kamu pasti sering mendengar peribahasa “Guru adalah orangtua ke dua.” Tidak ada yang salah dari peribahasa itu karena pada dasarnya guru memang menjadi tonggak pengetahuan bagi ana, khususnya di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, banyak orangtua di Indonesia yang menyerahkan pendidikan awal anaknya ke sekolah dasar dan terkadang mereka tidak kembali menerpa hal tersebut. Kejadian seperti ini tidak hanya dilakukan olah mereka yang berekonomi menengah ke bawah, namun hampir seluruh kloter ekonomi menerapkan hal ini.

Entah karena terlalu sibuk dengan pekerjaan atau memang kurang mumpuni memberikan pendidikan awal kepada anak. Banyak orangtua di Indonesia yang merasa puas dengan menitipkan anaknya ke sekolah formal. Sehingga sebagian besar pendidikan dasar anak Indonesia itu dipenuhi oleh guru. Sebab itulah sangat penting bagi seorang anak untuk menghormati dan menaati guru mereka.

2.Pengajar Tata Krama

Selain bersikap sebagai pendidik dan pengantar ilmu pengetahuan, dalam menjalankan tugasnya guru juga mengajarkan anak muridnya tata krama dan cara bersikap dalam masyarakat. Hal tersebut guru ajarkan tidak lain tidak bukan ialah untuk membuat anak muridnya bisa eksis dan ikut bersaing ketika terjun ke masyarakat.

Tak jarang attitude yang di ajarkan oleh guru menjadi bekal sempurna anak untuk diterima ketika bekerja. Hal tersebut tentu sangat sempurna dengan tujuan pendidikan itu sendiri serta sejalan dengan hasil yang di harapkan. Tentunya ini menjadi salah satu alasan kenapa guru harus di hormati dan di taati.

3.Alasan Kemanusiaan

Menghormati seseorang tidak harus karena ada alasan dari jasa yang mereka lakukan, terkadang alasan kemanusiaan juga. Seperti yang kita ketahui bahwasanya sesama manusia itu harus saling menghormati. Tak terbatas kecil, besar, dewasa, dan muda, kita tetap harus saling menghormati.

Perjuangan yang di lakukan seorang guru juga tidak mudah, karena dia juga meninggalkan sebagian kewajibannya untuk menjalankan tugasnya. Memang pada dasarnya beliau di gaji atas jerih payah yang mereka lakukan, tapi kita juga harus ingat bahwasanya beliau juga menjalankan apa yang sepatutnya tidak tugas beliau.

Namun tetap di tanggung agar anak didik yang mereka ajar bisa menjadi manusia yang baik. Lantas apakah beliau tidak pantas untuk di hargai dan taati?


Itulah penjelasan mengapa kita harus menghormati dan menaati guru. Semoga dengan membaca artikel ini, rasa segan-mu kepada guru semakin meningkat, sehingga kamu lebih menghargai beliau atas semua jasa yang telah beliau berikan kepadamu.

Penulis blog

Tidak ada komentar