Widget HTML Atas

Mengapa Kita Diwajibkan untuk Menghormati Orang tua dan Guru

Mendidik Anak – Sewaktu kecil dahulu, kamu pasti sering disuguhkan sebuah pernyataan bahwa seorang anak wajib menghormati orang tua dan seorang murid wajib menghormati seorang guru. Waktu berumur demikian pasti tidak ada pertanyaan yang muncul di otakmu dan cenderung menerima saja. Namun semakin bertambahnya usia, tentu kamu semakin penasaran dan ingin mengetahui kenapa harus demikian.

Semakin dewasa seseorang, maka makna ini dalam hidupnya juga perlahan semakin menghilang. Akibat dari sibuknya kehidupan membuat banyak orang secara perlahan melupakan makna dari menghargai. Padahal hal sepele ini sangat penting dan harus diketahui agar nantinya bisa diajarkan kepada generasi selanjutnya.

Sebenarnya alasan etis dari menghargai orang tua dan guru sangat mudah dimaknai ketika sudah dewasa, namun tidak sewaktu masih kecil atau remaja. Terkadang seseorang dalam rentang umur tersebut hanya bisa melakukan sesuatu tanpa mengetahui tujuan dan maknanya. Sebab itu berikut berapa alasan kenapa kamu wajib menghormati orang tua dan guru :

Maksud Kata Menghormati

Berpatokan kepada kamus besar bahasa Indonesia, kata menghormati sendiri memiliki arti memberi hormat kepada orang lain. Sedangkan dalam kamus besar bahasa Indonesia tersebut, kata hormat sendiri memiliki arti menghargai. Berdasarkan penjelasan singkat tersebut dapat kita buat kesimpulan bahwa menghormati ialah sikap hormat kepada orang lain berupa sopan, baik kepada orang yang lebih kecil hingga yang jauh lebih dewasa.

Di negara Indonesia, rasa hormat dan menghormati ini merupakan budaya leluhur yang patutnya harus dijaga dan diwariskan kepada generasi berikutnya. Sikap menghormati inilah yang menciptakan kultur negara Indonesia seperti saat serang ini.

Alasan Kenapa Kita Wajib Menghormati Orang Tua

Secara kasa mata kita sendiri sudah bisa melihat alasan kenapa wajib menghargai orang tua. Alasan tersebut ialah karena beliau merupakan orang yang membesarkan dan tanpa dirinya kita tidak akan dewasa. Mungkin ini merupakan alasan umum dan nyatanya juga ada orang tua tega membuang anak yang mereka lahirkan sendiri karena beberapa alasan. Lalu apakah alasan tersebut bisa dikategorikan sebagai alasan mutlak? Tentu jawabannya tidak.

Sebelum membahas hal tersebut lebih jauh, alangkah baiknya kita cari tahu terlebih dahulu maksud dari kata “orang tua”. Berdasarkan artian yang dijabarkan kamus besar bahasa Indonesia, orang tua itu bisa dikategorikan ke dalam dua hal yaitu orang yang melahirkan dan orang yang umurnya lebih tua. Dari makna kata tersebut bisa kita ambil kesimpulan bahwasanya orang tua tidak sebatas orang yang melahirkan saja. Lalu apakah alasannya kita harus menghormati mereka?

Alasan kenapa kita wajib menghormati orang tua ialah karena jasa yang telah diberikannya. Bagaimanapun juga seorang anak yang tumbuh pasti dipengaruhi dan dibimbing oleh orang dewasa yang ada di sekitarnya, setidaknya begitulah pandangan admin. Terlebih lagi orang tua yang melahirkan mereka dan menganggapnya keluarga, maka sudah tidak bisa lagi dihitung pengorbanan yang telah diberikan.

Hal ini bukan berarti semua orang tua harus dihormati, bagaimana orang tua yang telah membuang anak mereka dengan sengaja bahkan berusaha membunuhnya? Menurut admin ketika peristiwa itu terjadi maka kewajiban seorang anak untuk menghormatinya sudah gugur. Akan tetapi dia tetap harus bersikap hormat kepadanya yang menandakan bahwa dia adalah manusia yang memiliki hati nurani. Berikut beberapa poin-poin besar yang bisa menjadi alasan kenapa harus menghormati orang tua :

  1. Orang tua (ibu) merupakan sosok yang telah mengandung dan mempertaruhkan nyawa untuk membuat kita bisa berjumpa dunia.
  2. Orang tua adalah pelaku yang membimbing dan memenuhi kebutuhan kita setidaknya hingga bisa memenuhi kebutuhan sendiri.
  3. Orang tua merupakan sosok yang paling berjuang dalam hidup kita, baik ketika sakit dan peristiwa lainnya tanpa mengetahui dewasa nanti apakah akan dibalas atau tidak.
  4. Bentuk bakti seorang anak.
  5. Perintah agama.

Alasan Kenapa Kita Wajib Menghormati Guru

Berbeda dengan orang tua yang melahirkan kita, guru hanyalah sosok yang hadir ketika sudah memasuki usia sekolah. Namun hingga saat sekarang masih banyak kita temukan sebuah perkataan yang menekankan bahwa wajib menghormati guru. Tentu pernyataan ini tidak semudah yang dikatakan untuk diterima, apalagi ketika sudah mulai dewasa.

Apalagi semakin dewasa kamu juga semakin mengetahui bahwasanya tidak semua guru memiliki etika baik sebagai guru. Betul guru bertindak sebagai pemberi ilmu, namun bukan berarti dia adalah pelopor dari kepintaran seorang anak. Lalu apakah alasan seorang harus dan wajib menghormati guru?

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya kita mencari tahu arti dari kata “guru” terlebih dahulu. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, guru memiliki arti sebuah pekerjaan mengajar. Sosok yang berprofesi menjadi pengajar disebut sebagai guru. Dari kata tersebut dapat kita ambil sebuah makna bahwasanya guru bukanlah sosok yang berada di sekolah formal. Semua orang yang memberikan pengajaran dalam hidupmu bisa dikatakan sebagai guru.

Dari situ dapat kita ambil sebuah kesimpulan kenapa guru wajib dihormati ialah karena jasa yang diberikannya. Tanpa sosok guru mungkin kita tidak akan mengetahui apa-apa secara cepat dan terarah. Gurulah yang menjadi filter akan perkembanganmu dalam bidang pengetahuan dan akhlak, sehingga kamu bisa menjadi insan yang berpendidikan, setidaknya begitulah pendapat admin. Berikut beberapa poin-poin besar yang bisa menjadi alasan kenapa harus menghormati guru :

  1. Guru adalah orang tua kedua di luar lingkungan keluarga.
  2. Guru merupakan sosok yang mengajarkan ilmu dan pengetahuan.
  3. Guru merupakan orang yang mau berbagi tanpa rasa pamrih

No comments for "Mengapa Kita Diwajibkan untuk Menghormati Orang tua dan Guru"