PENDIDIKAN

Kewajiban seorang anak ketika orangtuanya sudah meninggal adalah

Afdal Rahendra
September 18, 2022
0 Komentar
Beranda
PENDIDIKAN
Kewajiban seorang anak ketika orangtuanya sudah meninggal adalah
Kewajiban seorang anak ketika orangtuanya sudah meninggal

Kewajiban seorang anak ketika orangtuanya sudah meninggal adalah berbakti kepadanya.

Meninggal dunia merupakan takdir setiap manusia yang hidup di muka bumi ini. Tak ada manusia yang bisa menghindari ajalnya datang, karena ajal termasuk salah satu takdir mubram.

Takdir mubram merupakan takdir yang tidak bisa diubah oleh tangan manusia. Hal yang termasuk ke dalam takdir mubram ialah umur, api yang panas, ajal, dan lain sebagainya yang sudah ditetapkan oleh Allah dan tidak bisa diganggu gugat.

Sebagai seorang anak, berbakti kepada kedua orang tua merupakan suatu kewajiban yang sudah Allah tegaskan dalam Al Quran surat Luqman Ayat 14 yang memiliki arti :

“Dan kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orangtuanya.”

Dalam hal tersebut ditegaskan bahwa hanya seorang anak harus berbuat baik atau berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada kedua orang tua ini tidak terbakar ketika mereka masih hidup. Namun juga berbakti ketika mereka sudah menemui ajal atau meninggal.

Kewajiban seorang anak ketika orangtuanya sudah meninggal adalah

Ada beberapa kewajiban seorang anak yang harus dilakukan ketika kedua orangtuanya meninggal. Apa sajakah kewajiban tersebut, berikut pembahasannya.

1. Menunaikan Janji Dan Nazar

Kewajiban pertama seorang anak ketika orangtuanya meninggal ialah mewujudkan keinginannya berupa janji atau nazar yang pernah dibuat oleh orangtua.

Pernah suatu kejadian di masa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam masih hidup, Ibu dari Sa’ad bin Ubadah wafat. Beliau meminta fatwa kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam “sesungguhnya Ibuku meninggal sedangkan Dia memiliki Nazar.” Mendengar hal tersebut Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pun bersabda, tunaikanlah nazar tersebut untuknya.” (HR,. AL-Bukhari dan Muslim)

Dari hadist tersebut bisa kita simpulkan bahwasanya menjalankan nazar atau janji yang pernah dibuat oleh orang tua merupakan suatu kewajiban bagi anaknya apabila orang tuanya telah meninggal.

2. Melunasi utang-utangnya

Utang itu di bawah hingga mati! Mungkin pernyataan seperti itu sudah sering kamu dengar, dan hal ini memang benar adanya.

Sebagai seorang anak ketika orangtuamu meninggal, kewajiban kamu sebagai anak yang harus dilakukan ialah menanyai dimana orangtua berutang. Jika kamu menemukan orangtua mu berutang dan hutang tersebut bisa dibenarkan adanya, maka sebagai anak kamu berkewajiban untuk melunasinya. Jika tidak hutang tersebut akan selamanya menjadi hutang dan menjadi beban orang tua.

3. Mengamalkan Atau Menyebarkan Ilmu Bermanfaat

Salah satu pahala yang selalu mengalir kepada seseorang walaupun dia sudah meninggal ialah ilmu yang bermanfaat. Selama ilmu yang diajarkannya itu digunakan oleh orang lain, maka pahala dari penggunaan ilmu tersebut juga didapatkan oleh orang yang memberikan ilmu.

Sebagai seorang anak yang orangtuanya sudah meninggal, mengamalkan ilmu yang diajarkan oleh orangtua juga merupakan suatu kewajiban. Jika bisa sebagai seorang anak kamu juga menyebarkan ilmu tersebut agar bermanfaat bagi orang lain, sehingga pahalanya juga ikut mengalir kepada orangtua.

4. Sedekahkan Sebagian Harta Atas Nama Orangtua

Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwasanya sedekah merupakan salah satu amal yang berguna di akhirat nanti. Sedekah bisa dikatakan sebagai tabungan dunia untuk akhirat. Sedekah ini tidak hanya bisa diberikan dengan nama pribadi, namun juga bisa diberikan untuk mewakilkan nama orangtua.

Jika kamu mendapatkan rezeki lebih dalam bentuk keuangan, alangkah baiknya kamu menyedekahkan sebagian hartamu itu atas nama orangtua. Ini juga merupakan salah satu kewajiban seorang anak kepada orangtuanya yang merupakan suatu bentuk berbakti.

5. Mendoakan Orangtua

Doa bagi orang tua yang sudah meninggal merupakan suatu hadiah yang dikirimkan oleh anaknya yang jauh. Akan berdoa, sebagai seorang anak kamu bisa memohon agar orangtuamu diberikan tempat yang baik serta penuh perlindungan.

Mendoakan orang tua juga merupakan salah satu bentuk bakti anak kepada orangtua dan merupakan suatu kewajiban yang harus dijalankan. Dengan selalu mendoakan orang tua yang sudah meninggal, maka pahala-pahala yang anak perbuat juga ikut mengalir kepadanya.

6. Menjaga Nama Baik Orangtua

Kewajiban lain dari seorang anak ketika orangtuanya sudah meninggal ialah menjaga nama baiknya. Walaupun sudah meninggal, apabila kamu berbuat sesuatu hal yang buruk maka nama orangtuamu juga akan ikutan buruk.

Orang tuamu bisa mendapatkan cap bahwasanya dia tidak bisa mendidik anaknya dengan baik. Sebab itu sebagai seorang anak kamu berkewajiban untuk menjaga nama baik orangtua dengan cara berbuat baik.


Itu kewajiban seorang anak ketika orangtuanya sudah meninggal adalah dan semoga dapat menambah wawasan kamu agar bisa lebih berbakti kepada orangtua.

Penulis blog

Tidak ada komentar