Widget HTML Atas

Bagaimana Cara Masuknya Islam Melalui Jalur Pendidikan Atau Pengajaran

Bagaimana Cara Masuknya Islam Melalui Jalur Pendidikan Atau Pengajaran

Bagaimana cara masuknya Islam melalui lajur pendidikan atau pengajaran?

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana masuknya Islam melalui dua jalur tersebut, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu pendidikan dan apa itu pengajaran.

Mengenali Apa Itu Pendidikan

Pendidikan datang dari kata "pedagogi" yang memiliki arti pendidikan dan kata "pedagogia" yang memiliki arti ilmu pendidikan yang sumbernya berasal dari bahasa Yunani. Pedagogia sendiri terdiri dari 2 kata yakni "Paedos" dan "Agoge" yang memiliki arti menuntun, memimpin anak. Dari pemahaman ini, pendidikan bisa di definisikan sebagai aktivitas seorang dalam menuntun dan memimpin anak ke perkembangan dan perubahan dengan maksimal agar dapat berdiri sendiri dan bertanggungjawab dalam hidupnya.

Mengenali Apa Itu Pengajaran

Pengajaran kerap disimpulkan sama dengan aktivitas mengajarkan. Dalam makna lainnya pengajaran disimpulkan sebagai sudah berlangsungnya hubungan belajar mengajarkan di beberapa komponen pengajaran, terutama di antara guru dan pelajar, antara pelajar dengan pelajar, dan antara guru dan pelajar dengan beberapa komponen pengajaran yang lain. Pengajaran kerap disimpulkan sebagai aktivitas pendidikan.

Dalam artian lainnya pengajaran juga dapat diartikan sebagai berlangsungnya dua kegiatan yang lain di antara faksi guru dengan faksi pelajar. Kegiatan guru ialah mengajarkan yang berperanan mengusahakan hubungan komunikasi atau hubungan yang serasi di antara aktivitas belajar yang sudah dilakukan oleh pelajar.

Ukuran kesuksesan pengajaran ialah terwujudnya komunikasi yang serasi guru dengan pelajar. Tanda kesuksesan pengajaran yang lain ialah berlangsungnya peralihan perilaku beberapa diri pelajar dan tertanamnya pada diri pelajar mengenai keperluan akan belajar dan faedah belajar

Pengajaran tidak lain salah satunya sisi dari pendidikan dengan memberi ilmu dan pengetahuan dan kemahiran dalam mendidik anak didiknya. Bila pengajaran ini kurang dilaksanakan di sekolah karena itu bisa diperhitungkan hasil pendidikan tidak prima atau sukses dalam meningkatkan anak didik secara utuh.

Bagaimanakah cara masuknya Islam lewat lajur pendidikan atau pengajaran

Ada beragam langkah Islam menebar di Indonesia, satu diantaranya lewat perdagangan. Langkah masuknya agama Islam lewat lajur pendidikan atau pengajaran ialah lewat beberapa mubalig membangun instansi pendidikan Islami di sejumlah daerah di Nusantara.

Instansi pendidikan Islam ini berdiri semenjak pertama kalinya Islam masuk Indonesia. Tetapi pada perubahannya, tuntunan Islam menebar dengan beragam langkah seperti perkawinan, pendidikan, jalinan sosial, dan kesenian.

Nama lembaga-lembaga pendidikan Islam itu berbeda pada setiap wilayah. Di Aceh misalkan, lembaga-lembaga pendidikan Islam di situ dikenali bernama Meunasah, Dayah dan Rangkang. Di Sumatera Barat dikenali ada Surau. Di Kalimantan dikenali instansi pendidikan Islam disebutkan mushalla. Sementara di Jawa dikenali bernama ponpes.

Dari instansi pendidikan Islam tersebut berjalan pembimbingan, pendidikan dan kaderisasi untuk calon kiai dan ulama. Mereka tinggal di pondok atau asrama dalam periode waktu tertentu menurut jenjang kelasnya.

Sesudah menamatkan pendidikan pesantren mereka selanjutnya kembali lagi ke daerah masing-masing untuk menebarkan tuntunan / nilai-nilai Islam. Dengan cara berikut Islam semakin berkembang menebar di beberapa beberapa daerah yang terasing.

 

No comments for "Bagaimana Cara Masuknya Islam Melalui Jalur Pendidikan Atau Pengajaran"