Widget HTML Atas

Perbedaan Pengajaran dan Pembelajaran

Perbedaan Pengajaran dan Pembelajaran

Pendidikan - Kata pembelajaran mungkin bukan cuma kata yang asing lagi di telinga. Berbeda dengan kata pengajaran karena penggunaan kata tersebut sedikit jarang.

Pembelajaran sendiri memiliki makna yaitu suatu proses atau perbuatan maupun cara yang digunakan untuk mengajar anak didik sehingga dia mau belajar. Sedangkan pengajaran memiliki makna kata ialah cara yang digunakan dalam pembelajaran.

Perbedaan Pengajaran dan Pembelajaran

Dari makna penjelasan di atas dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwasanya perbedaan antara pengajaran dengan pembelajaran terletak pada medianya. Jika pada pengajaran hanya fokus untuk cara mengajar, perbedaan dengan pembelajaran yang menekankan pada proses terjadinya.

Pengertian Pengajaran Menurut Para Ahli

Pelajaran sering diartikan sebagai suatu kegiatan mengajar yang terjadi akibat interaksi dua arah antara pengajar atau guru dan yang diajar atau siswa. Dengan kata lain pengajaran dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan pendidikan. Dalam kasus ini pengajaran hanya dapat terjadi apabila sudah memenuhi dua kriteria yaitu adanya guru sebagai pengajar dan adanya siswa sebagai orang yang diajar.

Sedangkan untuk tingkat keberhasilannya pengajaran dinilai dari seberapa harmonisnya hubungan antara guru dan siswa. Penilaian lainnya ialah terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa akibat kebutuhan dan manfaat belajar. Berikut beberapa para ahli yang mengemukakan pendapat tentang pengertian pekerjaan :

1. KBBI

Dalam KBBI kata pengajaran diambil dari kata "ajar" yang memiliki arti petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui atau dituruti.

2. Mahani Razali

Memberikan pendapat bahwasanya pengajaran adalah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi dari guru kepada mahasiswa agar memungkinkan mereka untuk menyelesaikan suatu tugas secara sendiri.

3. Sulaiman Masri Mashudi Bahari

Berpendapat bahwasanya pengajaran ialah suatu proses kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai unsur seperti kualitas, kecerdasan, bakat, serta minat para siswa. Selain itu tingkat motivasi, pengaruh lingkungan, serta dorongan orang tua juga menjadi faktor penyebab terjadinya pengajaran.

4. Lydia Herlina Martono

Berpendapat bahwa pengajaran merupakan salah satu aspek dari pendidikan itu sendiri yaitu aspek pengetahuan. Dalam pengajaran terdapat keterampilan dan pengetahuan, sedangkan pendidikan membimbing anak ke arah kehidupan yang lebih baik

Dari beberapa pendapat di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwasanya pengajaran sering disamakan dengan kegiatan mengajar. Dalam pengajaran sendiri terdapat interaksi antara guru dan siswa untuk meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh siswa tersebut. Tugas ini diberikan kepada guru yang notabene bertugas sebagai pengajar, sama halnya dengan mengajar itu sendiri.

Ciri-ciri Pengajaran

Terdapat beberapa ciri-ciri dari pengajaran, berikut ciri-ciri pengajaran tersebut :

  1. Terdapat guru dan murid
  2. Terjadi intruksi yang diikuti dengan latihan, indikasi, dan pelaziman
  3. Melibatkan proses pemikiran serta penggunaan bahasa dan simbol
  4. Memiliki kaitan dengan tugas dan pencapaian
  5. Terdapat rancangan dalam mengajar
  6. Terdapat unsur sains dan seni

Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Secara umum Pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu proses untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan kemahiran. Terdapat banyak pengertian pembelajaran yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut beberapa pengertian pembelajaran menurut para ahli :

1. Robert M. Gagne

Berpendapat bahwasanya pembelajaran adalah suatu perubahan tingkah laku atau kebolehan seseorang secara permanen. Perubahan ini tidak termasuk yang disebabkan oleh proses pertumbuhan.

2. Woolfolk

Berpendapat bahwasanya pembelajaran dapat dilihat dari perubahan seseorang dalam berlaku yang membentuk perkaitan baru atau sebagai potensi yang sanggup menghasilkan tindak balas yang baru.

3. Syaiful Sagala

Berpendapat bahwasanya pembelajaran adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori yang menjadi penentu utama keberhasilan pendidikan.

4. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003

Menurut UUSPN No 20 tahun 20003, Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara peserta didik dan pendidik (guru). Biasanya pembelajaran ini dilakukan dengan memanfaatkan sumber belajar yang pada suatu lingkungan belajar tersebut.

5. Oemar Hamalik

Menurutnya, Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri atas unsur-unsur manusiawi, material fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi dan berkombinasi dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Ciri-ciri pembelajaran

Pembelajaran memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan sistem lainnya. Berikut beberapa ciri-ciri dari pembelajaran :

  1. Merupakan suatu upaya sadar yang disengaja
  2. Berupaya dalam membuat siswa belajar
  3. Dalam pembelajaran tujuan harus ditetapkan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran tersebut
  4. Proses pembelajaran terkendali dengan baik mulai dari isi, waktu, dan hasil

No comments for "Perbedaan Pengajaran dan Pembelajaran"