Widget HTML Atas

Apa Manfaatnya Membaca

Bukan rahasia umum bagi bahwasanya buku adalah sumber ilmu dari berbagai masa yang pernah ada. Di dalam sebuah buku terangkum berbagai banyak informasi dari masa ke masa, sehingga bisa dipelajari oleh manusia walaupun dia tidak pernah hidup pada masa lampau tersebut.

Apa Manfaatnya Membaca

Membaca buku sendiri memiliki banyak manfaat bagi individu yang menerapkannya, terutama untuk menambah wawasan serta informasi yang tidak bisa mereka dapatkan di masa sekarang. Dalam artikel kali ini saya akan merangkum manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan ketika membaca buku.

Apa Manfaatnya Membaca

Ketika membaca, ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan salah satunya ialah menghindari dari penyakit Alzheimer. Bagi Anda yang belum mengetahui, penyakit alzheimer merupakan jenis demensia yang menyebabkan masalah pada memori, berpikir, serta perilaku manusia.

Dengan rajin membaca secara tidak langsung otak akan terlatih untuk beraktivitas sehingga merangsang syaraf-syaraf yang ada. Dengan demikian otak akan lebih mudah menangkap informasi serta mengolah informasi tersebut sehingga merubahnya menjadi sudut pandang yang berbeda tentang kehidupan.

Manfaat yang Didapatkan Ketika Rajin Membaca

Selain menghindari dari penyakit tersebut membaca sendiri sebenarnya memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika rajin membaca :

1. Mengurangi Stres

Setelah melakukan rutinitas harian yang melelahkan, tak jarang hal tersebut akan memicu timbulnya stres pada tubuh. Akan tetapi hal tersebut bisa Anda kurangi dengan melakukan kegiatan membaca beberapa menit saja.

Dengan melakukan kegiatan membaca, pikiran akan menjadi lebih santai sehingga hormon kortisol yang menjadi penyebab stres menjadi tertekan. Hal ini akan membantu tubuh menurunkan tingkat stres hingga 67% yang menyebabkannya menjadi lebih rileks.

Selain itu membaca juga akan membawa kedamaian batin serta ketenangan yang besar dalam diri. Bahkan dengan membaca tekanan darah pun akan turun sehingga gangguan mod tertentu serta penyakit mental akan menjadi lebih ringan.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain dapat menghilangkan stres, membaca juga akan meningkatkan fungsi otak. Berdasarkan pemeriksaan Magnetis Resonance Imaging (MRI), peneliti menemukan bahwasanya membaca dapat mengaktifkan sebuah jejaring sirkuit yang kompleks di otak.

Dengan demikian seiring dengan seringnya membaca sirkuit ini akan semakin kuat dan semakin kompleks. Hal ini akan memberi pengaruh pada fungsi otak sehingga fungsi memori, gerak, dan sensitivitas terhadap nyeri menjadi meningkat.

3. Menambah Kosakata Baru

Semakin banyak Anda membaca buku, maka semakin bertambah pulalah kosakata yang Anda miliki. Dengan demikian Anda akan lebih leluasa dalam cerita karena memiliki banyak kosakata. Hal ini tentu akan berpengaruh dalam kehidupan pribadi Anda baik di sekolah ataupun di tempat kerja.

Secara tidak langsung dengan bertambahnya kosakata Anda maka tingkat kepercayaan diri juga meningkat. Anda akan lebih dikenal di lingkungan karena memiliki wawasan yang luas. 

4. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, semakin banyak kosakata yang Anda miliki maka semakin mudah Anda menulis sesuatu hal. Tentu saja dengan rajin membaca maka kemampuan menulisan Anda juga akan meningkat menjadi lebih baik. Ini membuat Anda menjadi mudah mengekspresikan kata-kata melalui penyesalan.

5. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis

Dengan rutin membaca kemampuan Anda dalam berfikir analitis akan meningkat. Anda akan lebih mudah menggabungkan detail-detail dari suatu masalah, sehingga bisa mencari solusi dari permasalahan.

6. Dapat Meningkatkan Empati

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang gemar membaca khususnya buku fiksi memiliki kemampuan berempati yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak suka membaca. Seseorang yang suka membaca akan lebih mampu untuk memahami perasaan serta emosi dari orang lain, sehingga membantunya dalam hubungan interpersonal dan kehidupan bersosialisasi.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Seseorang yang terbiasa membaca buku secara rutin sebelum tidur cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan terhindar dari masalah tidur seperti insomnia. Kecenderungan seperti ini bermanfaat dalam memelihara fungsi kognitif dan memori sehingga otak menjadi memiliki efek protektif atau perlindungan.

8. Meningkatkan Harapan Hidup

Sebuah studi menunjukkan mereka yang rutin membaca buku 30 menit sehari memiliki tingkat kematian akibat berbagai penyakit menjadi berkurang setidaknya 20%. Sebuah penelitian lain juga mengatakan mereka yang rutin membaca buku cenderung memiliki jangka hidup dua tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak suka membaca.

9. Membantu Meningkatkan Konsentrasi

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas konsentrasi ialah dengan membaca. Semakin terbawah anda dalam membaca, maka semakin berkonsentrasilah ada pada bacaan tersebut. Hal ini akan memberikan dampak yang baik pada pekerjaan serta rutinitas Anda sehari-hari.

Hal ini juga berpengaruh kepada balita, walaupun dia belum bisa membaca dan hanya tertarik pada gambar. Akan tetapi dengan rutin melihat buku, maka konsentrasinya juga akan terarah dengan baik.

Itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika rajin dan rutin membaca. Semua manfaat itu akan terasa secara tidak langsung karena memang tidak dibuat-buat dampaknya terhadap tubuh.

No comments for "Apa Manfaatnya Membaca"