Widget HTML Atas

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun yang Susah Diatur

Mendidik anak merupakan kewajiban orangtua. Menginjak usia 3 tahun, kemampuan anak akan semakin berkembang baik dari segi motorik yang kasar hingga yang halus.

Sayangnya pada usia 3 tahun ini, perkembangan emosi anak belum berkembang dengan sempurna. Sehingga pada usia 3 tahun ini anak masih belum bisa mengontrol emosinya sendiri.

Jika pada satu waktu orangtua menemukan anak yang tiba-tiba susah diatur. Maka sebaiknya orangtua jangan langsung memarahinya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua untuk mendidik anak usia 3 tahun yang susah diatur.

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun yang Susah Diatur


Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun yang Susah Diatur

Dalam mendidik anak usia 3 tahun yang susah diatur, dibutuhkan kesabaran ektra dari orangtua agar apa yang diajarkan kepada anak dapat dia pahami dengan baik. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orangtua :

1. Berikan Anak Penjelasan

Anak terkadang memang menjadi susah di atur dan susah di arahkan bahkan diberikan nasehat. Namun orangtua tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan atau bahkan mencurahkan emosi untuk menghadapai itu semua.

Pasalnya anak yang berusia 3 tahun masih berada pada masa labilnya. Sehingga amarah bukanlah solusi terbaik dalam mengajarnya. Malahan hal tersebut justru akan menghasilkan akibat lain yang mungkin tidak diinginkan oleh orangtua.

Oleh sebab itu dalam mendidik anak usia 3 tahun yang susah diatur, hal pertama yang perlu orangtua lakukan ialah memberikannya penjelasan secara perlahan. Berilah anak pengertian jika memang hal yang dilakukannya itu salah.

Dengan pengarahan yang baik dan tutur bahasa yang lembut anak 3 tahun pastinya akan merasa senang dan mau mendengarkan perkataan orangtua.

2. Bersikap Baiklah Pada Anak

Pada usia 3 tahun, anak masih berada dalam fase dimana dia sangat ingin di manja dan di sayang oleh orangtua. Anak akan merasa sangat kesal dan sakit hati ketika dia kena marah oleh orangtuanya.

Oleh sebab itu trik jitu dalam menghadapi anak usai 3 tahun yang keras kepala ini ialah dengan memposisikan diri sendiri sebagai sahabat anak. Perlakukanlah anak dengan baik dan penuh kasih sayang.

Sehingga apa yang orangtua katakan kepada anak akan didengar baik oleh anak. Namun dibalik sikap manis yang diperlihatkan orangtua kepada anak, Anda juga harus bisa bersikap tegas. Dalam artian Anda sebagai orangtua tidak hanya menuruti apa kemauan anak saja. Namun juga berdiri kukuh dengan pendirian jika anda melarang anak melakukan sesuatu hal.

Dengan demikian secara perlahan anak akan mengerti apa yang boleh dan tidak boleh untuk dia lakukan. Namun semua itu dia dapatkan dengan perlakuan baik penuh cinta dari orangtuanya.

3. Bersikap Tegas Dengan Keputusan Sendiri

Seperti yang diketahui bahwasanya anak usia 3 tahun masih belum bisa di ajak untuk berkompromi atau membuat kesepakatan. Oleh sebab itu cara untuk mengajarkan anak usia 3 tahun aturan ialah dengan bersikap tegas dengan keputusan sendiri.

Contohnya ketika orangtua melarang anak untuk memakan es krim ketika hujan namun tetap memperbolehkan ketika cuaca baik. Maka Anda sebagai orangtua harus selalu konsisten dengan hal itu apapun alasannya.

Jikalau anak menangis sekalipun, sebagai orangtua Anda harus bisa menguatkan diri dan memberi pengertian anak bahwasanya "cuaca sedang hujan, tidak boleh makan es krim sekarang". Jika hal ini dilakukan secara konsisten, maka secara perlahan anak akan mengerti dengan aturan yang Anda berikan kepada anak.

4. Jangan Manjakan Anak Secara Berlebihan

Dalam menghadapi anak yang susah diatur memang membutuhkan kesabaran yang tinggi. Oleh sebab itu sangat tidak disarankan orangtua untuk memanjakan anak yang memiliki sikap yang susah diatur tersebut.

Sebenarnya, kunci untuk menjadi orangtua yang dicintai oleh anak bukanlah dengan memanjakan anak. Orangtua juga harus bisa memilah sesuatu hal yang memang butuh bagi anak.

Namun jika hal tersebut tidak menjadi kebutuhannya, maka Anda sebagi orangtua berkewajiban menolak hal tersebut dan memberikannya pengertian.

Hal ini bertujuan agar dia mengerti bahwasanya tidak semua hal yang dia inginkan bisa di miliki. Ada hal lain yang perlu dia pertimbangkan. Mungkin hal ini akan menimbulkan perlawanan dari anak pada awalnya. Namun Anda sebagai orangtua harus bisa bersikap kokoh demi kebaikan si buah hati kedepannya.

5. Sering-seringlah Ajak Anak Berkomunikasi

Kunci dari mendidik anak yang utama sebenarnya ialah komunikasi. Komunikasi yang terjadi secara dua arah akan menimbulkan sikap saling mengerti. Demikian pula antara orangtua dengan anak.

Semakin sering anda melakukan komunikasi dengan anak, maka anak akan semakin mudah mengatakan perasaannya. Biasanya anak yang susah diatur disebabkan oleh keinginannya yang tidak terpenuhi.

Sebab itu penting orangtua mengetahui cara berkomunikasi dengan anak sehingga dia mau mengatakan hal yang dia mau tersebut. Jika hal tersebut memang tidak bisa diberikan, dengan komunikasi yang baik maka orangtua pasti bisa memberikan pengertian kepada naka.

Namun hal ini akan terasa sedikit susah apabila orangtua tidak memiliki kedekatan komunikasi dengan anak. Sebab itu sering-seringlah ajak anak berbicara dan libatkanlah dia dalam kegiatan ringan agar kedekatan Anda dengan anak semakin baik.

---------------------------------------------------------

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua dalam mendidik anak usia 3 tahun yang susah diatur. Dalam mendidik anak usia 3 tahun memang sangat membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang besar dari orangtua. Oleh sebab itu jangan pernah menyerah dalam mendidik anak Anda sendiri karena ini sangat penting untuk masa depannya

No comments for "Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun yang Susah Diatur"