Beranda
Cara Uninstal WPS Office di Laptop
Cara Uninstal WPS Office di PC
Cara Uninstal WPS Office di windows 10
Cara Uninstal WPS Office di Windows 7
WPS Office : Cara Uninstal WPS Office di Laptop
Orang sedang bekerja dengan laptop dan menggunakan aplikasi office

Pada artikel kali ini Saya akan menjelaskan Cara Uninstal WPS Office di Laptop. Pada saat sekarang ini tentunya banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan sebuah alat perkantoran atau Office untuk membantu pekerjaan. Baik itu bagi seorang mahasiswa maupun seorang guru ataupun pekerja kantoran lainnya tentu menggunakan aplikasi Office ini untuk mempermudah pekerjaan mereka dalam pengetikan maupun pengolahan data. Pada saat sekarang ini ada banyak sekali alat pengolah perkantoran atau Office ini yang beredar dan digunakan salah satunya yang paling populer ialah Microsoft Office. Bukan itu saja Google juga sudah mengeluarkan aplikasi mereka yang memiliki fungsi serupa namun itu tergolong kepada aplikasi yang harus digunakan secara online.

Selain dua aplikasi tersebut ada aplikasi Office lainnya yang cukup populer digunakan pada saat sekarang ini yaitu WPS office. Namun banyak orang yang tidak terlalu memahami aplikasi ini ketika mereka terbiasa menggunakan aplikasi Microsoft Office sehingga mereka memutuskan untuk menguninstal aplikasi WPS Office ini di laptopnya. Entah itu karena interfacenya yang cukup rumit atau karena hanya ingin mencoba aplikasi lain yang lebih mudah dipahami.

Oleh sebab itu pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menguninstal aplikasi WPS office di laptop atau PC yang kamu gunakan.

Mengenal Aplikasi WPS Office

Sebelum membahas cara uninstall aplikasi WPS office mari kita kenali terlebih dahulu Apa itu WPS office. WPS office adalah sebuah aplikasi suite perkantoran yang dikembangkan oleh Kingsoft Software. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang mirip dengan Microsoft Office seperti Word, Excel, maupun PowerPoint.

Aplikasi ini cukup populer digunakan pada komputer dan laptop di seluruh dunia untuk membantu pekerjaan perkantoran. Sama halnya dengan Microsoft office, aplikasi WPS office juga memiliki namanya tersendiri namun memiliki fungsi yang sama. Pada WPS office aplikasinya diberi nama seperti WPS writer yang sama dengan Microsoft word, WPS spreadsheet yang sama dengan Microsoft Excel dan WPS presentation yang sama dengan Microsoft PowerPoint.

Enaknya lagi pada aplikasi ini sudah terpasang pdf reader yang membuatnya bisa digunakan untuk membuka file-file pdf tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Walaupun demikian ternyata tercatat masih banyak orang yang tidak biasa dengan tampilan WPS Office ini sehingga membuat merka memutuskan untuk menguninstall-nya. 

Perkembangan Aplikasi WPS Office dari segi Penggunaan

Walaupun tergolong kepada aplikasi yang ringan dibandingkan dengan aplikasi serupa seperti Microsoft Office, namun banyak orang yang memutuskan untuk menggunakan aplikasi alternatif lainnya dibandingkan aplikasi ini. Banyak orang memilih untuk beralih ke aplikasi seperti Microsoft Office yang sudah lebih dulu dikenal di Indonesia atau terpaksa menggunakan aplikasi Google Docs karena menggunakan chromebook.

Aplikasi ini sebenarnya sudah dibekali dengan AI didalamnya, serta penggunaan yang gratis dengan fitur yang terbatas namun tidak mengganggu pekerjaan. Akan tetapi kehadiran beberapa keunggulan tersebut ternyata tetap tidak membuat WPS Office menjadi pilihan utama oleh banyak orang. Salah satunya karena WPS office yang gratisan tidak mendukung fitur macro sehingga membuat orang lebih memilih menggunakan Microsoft office walaupun dengan lisensi yang tidak resmi.

Berikut beberapa kelebihan serta kekurangan dari WPS office ini:

Kelebihan WPS Office

  1. Aplikasi yang tergolong ringan: dibandingkan dengan Microsoft office aplikasi ini masih lancar digunakan pada laptop atau PC dengan spesifikasi yang rendah.
  2. Harga yang lebih murah: dibandingkan dengan Microsoft office, WPS office tersedia dalam versi gratis namun jika ingin menggunakannya dengan fitur penuh maka kamu harus berlangganan dan itu tidak semahal Microsoft office.
  3. Terdapat fitur AI: pada update terbarunya WPS office juga menghadirkan fitur ai yang bisa kamu gunakan langsung di dalam aplikasi namun terbatas untuk pengguna gratis sehingga harus berlangganan untuk bisa menggunakan sepenuhnya.
  4. Kompabilitas dengan aplikasi lainnya: penggunaan aplikasi WPS office ini sangat Kompatibilitas karena bisa membaca file Microsoft office tanpa ada kerusakan dokumen.

Kekurangan WPS Office

  1. Kurang familiar bagi beberapa pengguna: karena kebanyakan orang Indonesia menggunakan Microsoft office sehingga penggunaan WPS office sedikit lebih membingungkan bagi mereka.
  2. Terdapat beberapa perbedaan format dengan aplikasi lain: walaupun aplikasi ini WPS Office kompatibilitas dengan aplikasi Microsoft office, namun terdapat beberapa perubahan pada dokumen WPS Office apabila dibuka pada Microsoft office seperti spasi dan pengaturan halaman.
  3. Tidak terdapat fitur makro: tidak seperti Microsoft office sayangnya WPS office tidak dibekali oleh fitur makro langsung sehingga membuatnya tidak bisa membuka atau mengedit file-file macro.
  4. Dukungan yang terbatas: walaupun aplikasi ini dapat digunakan secara gratis namun tidak semua fitur yang ada pada WPS office itu dapat digunakan dengan mode gratis.

Cara Uninstall WPS Office di Laptop/PC

Untuk menguninstall aplikasi WPS office di laptop atau PC, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Walaupun langkah-langkah ini tergolong mudah, namun bagi beberapa orang yang tidak pernah atau jarang melakukan hal ini tentunya ini cukup sulit. Akan tetapi Kamu tidak perlu khawatir, cukup ikuti langkah-langkah berikut maka Kamu akan bisa menguninstall aplikasi WPS office dengan mudah.

Cara Uninstall WPS Office Menggunakan Pengaturan di Windows 10

Bagi kamu pengguna Windows 10 silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk uninstall WPS office di laptop atau PC.

  1. Buka Windows yang ada di bagian kiri bawah laptop kamu atau bisa langsung menekan shortcut windows pada keyboard.
  2. Setelah itu ambil menu pengaturan yang ada pada bagian bawah dengan gambar gerigi.
  3. Setelah itu pilih menu apps.
  4. Jika sudah maka kamu akan diarahkan pada tampilan Apps & futures yang menampilkan berbagai jenis aplikasi yang terinstall di laptop.
  5. carilah WPS Office pada kumpulan aplikasi tersebut biasanya terletak di bagian bawah dan tekan aplikasi itu, maka akan muncul tulisan "Uninstall."
  6. Klik tulisan tersebut dan ikuti langkah-langkah yang ada dengan menekan "next."
  7. Setelah itu tunggu hingga prosesnya selesai.

Cara Uninstall WPS Office Menggunakan Control Panel di Windos 10 dan Windows 7

Tentunya cara uninstall WPS office di Windows 10 memiliki sedikit perbedaan dengan Windows 7. Namun cara ini tetap bisa kamu gunakan pada Windows 10 apabila cara pertama tidak bisa dilakukan.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah menekan tombol "search" yang ada pada bagian bawah kiri layarmu.
  2. Setelah itu ketikan "Control Panel" dan kamu akan melihat aplikasi itu muncil dan klik aplikasinya. Kamu juga bisa mencari aplikasi ini pada menu yang ada di tab windows.
  3. Setelah itu tekan "Hapus instalan program" yang ada di bawah bagian aplikasi program.
  4. Selanjutnya kamu akan diarahkan pada tampilan berbagai macam aplikasi dan carilah WPS Office.
  5. Kamu bisa mengklik kanan atau menekan tombol "Uninstal\repair" untuk menghapus aplikasinya.
  6. Langkah terakhir kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada dengan mengklik "next."
  7. Tunggu hingga prosesnya selesai dan WPS office telah berhasil diuninstall di laptop kamu.

FAQ tentang Uninstal WPS Office

Q: Bagaimana cara uninstal WPS Office di laptop Windows 7?

A: Anda dapat menguninstal WPS Office di Windows 7 melalui Control Panel. Cukup buka Control Panel, pilih “Uninstall a program”, cari WPS Office, dan klik "Uninstall".

Q: Bagaimana cara uninstal WPS Office di Windows 10?

A: Di Windows 10, Anda bisa menguninstal WPS Office melalui menu Settings. Buka Settings, klik pada Apps, cari WPS Office, dan klik "Uninstall".

Q: Apakah saya perlu menghapus data pengguna saat menguninstal WPS Office?

A: Saat Anda menguninstal WPS Office, Anda akan diberi pilihan untuk menghapus data pengguna. Jika Anda berencana untuk menginstal ulang WPS Office di masa mendatang dan ingin menyimpan pengaturan Anda, Anda bisa memilih untuk tidak menghapus data pengguna.

Kesimpulan Tentang Bagaimana Cara Uninstall WPS office di Laptop/PC

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk uninstall WPS office di laptop. Bagaimana tergolong mudah bukan, namun ini cukup susah bagi mereka yang tidak memahami langkah-langkahnya. Diharapkan kamu selektif dalam melakukan proses uninstall ini sehingga tidak terjadi salah uninstall aplikasi. Cara ini juga berlaku untuk menguninstall aplikasi lain yang terinstal di laptop atau PC kamu baik di Windows 10 maupun di Windows 7.

semoga tutorial WPS office tentang cara uninstall WPS office di laptop ini dapat membantu kamu dalam menyelesaikan masalah. Bagi kamu yang masih merasa kesulitan dalam mengikuti tutorial ini, kamu bisa menonton video berikut untuk lebih jelasnya.

Penulis blog

Tidak ada komentar