Widget HTML Atas

Salah Satu Ciri Dari Kecerdasan Spiritual Adalah

Afdal Rahendra - Membicarakan tentang kecerdasan sebenarnya tidak terbatas hanya pada prestasi gemilang di sekolah atau di kampus saja. Pada dasarnya ada kecerdasan lain yang ada dalam diri manusia yang ternyata juga dapat mengubah hidup seseorang menjadi lebih bermakna. Kecerdasan tersebut dikenal dengan Spiritual Intelligence atau Kecerdasan Spiritual.

Salah Satu Ciri Dari Kecerdasan Spiritual Adalah

Bagi kamu yang belum memahami tentang Kecerdasan Spiritual, pada pembahasan kali ini saya akan mencoba membahasnya beserta ciri-ciri dari Kecerdasan Spiritual tersebut.

Apa Itu Kecerdasan Spiritual?

Sebelum membahas lebih jauh tentang salah satu ciri dari Kecerdasan Spiritual, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu Kecerdasan Spiritual atau Spiritual Intelligence. Konsep Kecerdasan Spiritual ini sebenarnya baru dikemukakan pada tahun 1990 hingga tahun 2000-an. Pada tahun-tahun sebelumnya, hanya Intelligence Quotient atau IQ sajalah yang dianggap sebagai satu-satunya bentuk kecerdasan. Akan tetapi akibat dari berkembangnya ilmu pengetahuan itu sendiri, maka lahirlah konsep-konsep kecerdasan lainnya.

Kecerdasan Spiritual atau Spiritual Intelligence memiliki pengertian sebagai kecerdasan seseorang dalam memaknai sesuatu dan hubungannya dengan dunia tempatnya hidup. Dalam sebuah buku yang berjudul SQ: Connecting with Our Spiritual Intelligence, menjelaskan setidaknya ada tiga indikator penting dalam kecerdasan spiritual tersebut.

Berikut beberapa faktor yang menjadi ciri dari kecerdasan Spiritual :

1. Tanggung Jawab

Ciri pertama seseorang yang memiliki Kecerdasan Spiritual ialah terdapatnya rasa tanggung jawab yang tinggi dalam diri seseorang tersebut. Sikap ini biasanya diikuti oleh pertanyaan terhadap diri sendiri tentang tujuan dia melakukan sesuatu hal dan apa tanggung jawabnya pada hal tersebut.

Orang yang menyadari hal ini biasanya akan dapat mengambil sebuah keputusan sekaligus menentukan tujuan serta tindakan yang harus dilakukan. Dengan demikian dia akan bisa menggunakan potensi diri tersebut untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bermakna serta memuaskan.

2. Kerendahan Hati

Ciri lainnya dari seseorang yang memiliki Kecerdasan Spiritual ialah dia tidak merasa besar serta sombong terhadap semua makhluk. Orang yang memiliki sikap seperti ini biasanya dia tidak akan merasa lebih hebat, merasa lebih kuat, atau merasa lebih berkuasa walaupun dia memiliki itu semua. Kecerdasan Spiritual yang dimilikinya akan membantu dalam mengontrol hal tersebut sehingga dapat tercerminkan dalam kerendahan hati tadi.

3. Menemukan Kebahagiaan Hidup

Poin kali ini masih berhubungan dengan pembahasan kedua di mana seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual tidak akan merasakan iri atau dengki atas apa yang dimiliki oleh orang lain. Hal inilah yang membuatnya dapat merasakan kebahagiaan akan semua yang dimilikinya, tanpa menutup diri untuk terus meningkatkan potensi.

Kecerdasan Spiritual yang ada dalam diri seseorang itulah yang membuatnya dapat melihat hidup dari kaca mata lain. Sehingga dia merasakan makna kehidupan yang dimilikinya sehingga menemukan kebahagiaan di dalamnya.

4. Fleksibel

Salah satu ciri dari kecerdasan spiritual lainnya ialah fleksibel dalam bersikap. Seseorang yang mudah beradaptasi dengan berbagai macam situasi tidak kaku serta santai menghadapi setiap orang merupakan salah satu ciri dari kecerdasan spiritual yang tinggi. Sama halnya seperti air orang ini biasanya lebih mudah menyesuaikan di berbagai wadah yang ada.

5. Memahami Diri Sendiri Dengan baik

Seseorang yang memiliki Kecerdasan Spiritual yang tinggi biasanya lebih memahami dirinya, dengan demikian dia akan lebih baik dalam mengontrol emosi dan manajemen stres. Hal ini membuatnya menyadari kenapa dia biasa marah, kenapa dia sedih, kenapa dia senang dan lain sebagainya. Dengan demikian dia akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga dapat memahami orang dengan lebih baik lagi.

6. Mudah Mencari Sumber Inspirasi

Salah satu ciri lainya dari orang yang memiliki Kecerdasan Spiritual tinggi ialah kemampuan kontemplasi tinggi. Orang dengan Kecerdasan Spiritual tinggi biasa dapat mengambil inspirasi dari mana saja dan juga dapat mengambil nilai dari hal tersebut. Hal inilah yang menjadikan orang dengan Kecerdasan Spiritual dapat memberikan inspirasi yang bermakna untuk orang lain.

7. Berpikir Lapang

Salah satu ciri Kecerdasan Spiritual lainnya adalah dapat berpikir secara holistik. Biasanya orang dengan kecerdasan ini dapat berpikir secara menyeluruh, sistematis, dan tidak mengotak-ngotakan sesuatu. Dia biasanya dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda dan juga tidak menutup diri untuk diberikan masukan oleh berbagai pihak.

8. Berani Mencoba Hal Baru

Ciri terakhir dari orang yang memiliki Kecerdasan Spiritual tinggi ialah tidak mengikuti arus atau alur yang sudah ada. Biasanya orang seperti ini tidak akan malu mencoba hal baru walaupun hal tersebut dianggap aneh oleh orang lain. Dia memiliki semangat untuk membuktikan sesuatu hal itu bisa dan harus di rubah, biasanya ini berhubungan dengan tradisi lama yang seharusnya tidak dilakukan lagi, dalam artian orang ini berani melawan arus yang umum dilingkungannya.

Itulah beberapa ciri orang yang memiliki Kecerdasan Spiritual tinggi. Apakah hal tersebut ada dalam diri kamu? Jika ada maka kamu termasuk ke dalam salah seorang yang memiliki Kecerdasan Spiritual tinggi.

No comments for "Salah Satu Ciri Dari Kecerdasan Spiritual Adalah"