Widget HTML Atas

Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam

Afdal Rahendra - Pada dasarnya mendidik anak perempuan itu berbeda dengan anak laki-laki. Terdapat beberapa tindakan yang bisa diberikan kepada anak perempuan, namun tidak untuk anak laki-laki dan begitu pula sebaliknya. Apalagi kita membicarakan Islam yang mana menjunjung tinggi harkat dan martabat perempuan.

Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam

Bahkan menurut yang dituturkan Ustadz Abu Salma Muhammad, ada hadits Rasulullah SAW yang menyatakan "Jika ada orang tua yang diuji dengan dua orang anak perempuan, kemudian dia bersabar dan mendidiknya, maka mereka akan menjadi penghalang dari api neraka". Hadist yang disampaikan tersebut merupakan riwayat dari HR. al-Bukhari dan Muslim yang dicoba sampaikan ulang oleh Ustadz Abu Salma Muhammad.

Jilbab Hijab Kerudung Sekolah Anak Syar'i

Walaupun banyak keutamaan yang diberikan kepada perempuan, bahkan surga pun terletak di telapak kakinya. Sumpahnya sering berlaku, bahkan do'a dari perempuan/ibu lebih mujarab. Namun terdapat juga ancaman besar bagi kaum perempuan, seperti yang dijelaskan Rasulullah SAW bahwasanya kebanyakan penghuni neraka ialah perempuan.

Sebab itulah ditekankan sekali kepada orangtua untuk dapat mendidik anak dengan baik dan sebagai muslim harus sesuai kaidah-kaidah Islam.

Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam

Ada beberapa cara mendidik anak perempuan yang bisa orang tua terapkan. Walaupun kebanyakan dari cara tersebut tidak bisa diterapkan kepada semua anak, akan tetapi jika dilakukan dengan baik dan perlahan semuanya akan berakhir baik juga.

Berikut beberapa cara dalam mendidik anak perempuan menurut Islam.

1. Mengenal Anak Perempuan dengan Agama

Hal utama yang harus dilakukan orang tua dalam mendidik anak perempuan menurut Islam ialah mengenalkannya kepada agama. Tanaman kepada anak akidah dan pengetahuan dasar tentang agama Islam seperti mengaji dan Shalat.

Selain itu kenalkan juga anak kepada Tuhan agar anak bisa meyakini dan mempercai keberadaannya. Tidak lupa ajarkan juga anak mengucapkan syahadat agar anak familier dengan kalimat tersebut.

2. Mengajarkan Anak Do'a-do'a Harian

Hal kedua yang harus diajarkan kepada anak perempuan ketika mendidiknya menurut ajaran agama Islam ialah mengajarkan doa-doa harian. Pada langkah awal orang tua tidak perlu mengajarkan anak doa yang panjang terlebih dahulu. Cukup ajarkan dia untuk mengucapkan "Bismillah" ketika melakukan sesuatu dan mengucapkan "Alhamdulillah" ketika selesai melakukan sesuatu.

Selain itu ajarkan juga anak doa-doa harian yang biasa digunakan seperti doa sebelum tidur, doa sebelum makan, doa masuk kamar mandi, dan lain sebagainya. Jika anak sudah memasuki usia 4 atau 5 tahun, maka ajarkanlah dia untuk Shalat dan puasa. Hal tersebut bertujuan untuk membuatnya menjadi terbiasa ketika sudah dewasa kelak.

3. Ajarkan Anak Sopan Santun dan Akhlak Mulia

Seperti yang sudah dijelaskan bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sangat menyukai orang dengan akhlak terpuji. Bahkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga sering mengajarkan anak-anaknya tentang cara berperilaku yang baik kepada sesama manusia.

Pakaian Anak Perempuan usia 5 Tahun 6 Tahun Set Syar'i

Hal ini merupakan contoh terbaik yang bisa orang tua ambil dalam mendidik anak, terutama anak perempuan. Ketika masih kecil, orang tua bisa mengajarkan anak sopan santun kepada orang lain dengan cara mengucapkan "Terima Kasih" ketika diberikan sesuatu atau pertolongan. Selain itu ajarkan juga anak mengucapkan kata "Maaf" apabila dia melakukan kesalahan.

Hari ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang berbunyi "Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak". Hal ini juga sejalan dengan perintah Allah dalam QS Luqman ayat 14 yang memiliki arti "Dan kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam 2 tahun, bersyukurlah kalian kepadaku dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepadakulah kalian kembali".

4. Ajarkan Anak Fiqih Wanita

Orang tua diwajibkan memberikan anak pendidikan yang baik, termasuk mengenalkannya kepada hal-hal kewanitaan atau biasa disebut sebagai Fiqih wanita. ilmu Fiqih wanita ini bisa orang tua ajarkan ketika anak sudah memasuki usia baligh.

Ajarkanlah anak bagaimana cara berpakaian yang baik, yang menutupi aurat, dan yang tidak mengundang nafsu lawan jenis. Selain itu ajarkan juga anak mengenal harkatnya sebagai wanita, seperti mengenai haid dan anggota tubuh yang tidak boleh disentuh.

5. Mengajarkan Anak Keahlian Rumah Tangga

Setiap orang tua tentu tidak menginginkan anak perempuannya menjadi budak rumah tangga. Akan tetapi keahlian rumah tangga perlu diajarkan kepada anak perempuan untuk mendukung perannya sebagai ibu dan berbakti kepada suaminya nanti.

Ajarkanlah anak perempuanmu keahlian dalam mengelola rumah tangga, keterampilan memasak, merawat anak, membersihkan rumah, dan lain sebagainya. Dalam kasus ini, orang tua tidak perlu memaksa anak untuk langsung bisa. Cukup dengan mengikutsertakan anak dalam keseharian ibu, maka secara alamiah anak akan memahami hal tersebut.

6. Berikan Anak Pendidikan yang Layak

Pendidikan formal mungkin bukan sesuatu hal yang menentukan masa depan anak. Walaupun demikian bukan berarti anak tidak harus mendapatkan pendidikan yang layak.

Pada dasarnya pendidikan yang layak tersebut dalam Islam bukan hanya terfokus kepada pendidikan formal yang ada pada saat sekarang ini. Pendidikan dalam Islam ialah segala sesuatu hal yang membuat anak bisa memahami dan mengerti semua konsep kehidupan.

Dengan demikian anak akan bisa beradaptasi dengan lingkungannya dan dapat berpikir waras dalam menanggapinya. Itulah inti dari pendidikan yang sebenarnya, bukan hanya sebatas kertas dan nilai tertulis.

7. Ajarkan Anak Adap Pergaulan

Bagaimanapun juga, orang tua tidak akan bisa membentengi anak perempuannya untuk tidak bergaul dengan orang lain. Sebab itu, penting memberikan anak perempuan bekal yang cukup agar dia bisa menghadapi dunia tersebut.

Orang tua dapat mengajari anak batas-batas pergaulan yang bisa dilakukannya dengan lawan jenis yaitu laki-laki. Bahkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga telah mengajarkan untuk memisahkan anak perempuan yang sudah berusia 10 tahun dengan anak laki-laki ketika tidur.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga menjelaskan tentang pentingnya perempuan untuk menjaga pandangannya terhadap lawan jenis serta tidak berpenampilan yang menarik syahwat laki-laki.

8. Ajarkan Anak untuk Mengendalikan Dirinya

Anak perempuan biasanya memiliki emosional yang lebih labil dibandingkan anak laki-laki. Hal itulah yang menjadi penyebab kenapa anak perempuan terkadang menangis, marah, bahkan bad mood tanpa tahu alasannya.

Sebab itulah penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak perempuan dalam mengendalikan dirinya terutama emosionalnya. Ajarilah anak sejak usia dini untuk bersikap sabar serta terbuka dalam mengatakan sesuatu hal.

Selain itu orang tua juga harus memberikan contoh konkret dari tindakan sabar yang diajarkan kepada anak tersebut. Sebagai contohnya, jangan sesekali orang tua melihatkan tindakan arogan yang mencerminkan contoh sikap tidak sabar di depan anak.

9. Bersikap Lemah Lembutlah Kepada Anak Perempuan

Cara mendidik anak perempuan yang diajarkan menurut Islam lainnya ialah bersikap lemah lembut kepada anak. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah memberikan contoh untuk bersikap lemah lembut kepada anak-anak perempuan.

Pakaian anak muslim  gamis+hijab syar'i denggan pembelian  1 item dapat 2

Bahkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga sering menggendong anak perempuannya, mengusap kepalanya, memanggilnya dengan lembut, dan mendoakannya. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar anak perempuan tahu dengan kasih sayang dan kelembutan tersebut.

Dengan demikian dia akan bisa mempraktikkan dan melakukan hal yang sama kepada orang lain dan anaknya nanti. Sebab itu sebagai orang tua jangan pernah sesekali memperlihatkan tindakan kasar kepada anak apalagi sampai memukulnya.

Itulah beberapa cara yang bisa orang tua gunakan dalam mendidik anak perempuan menurut Islam. Pada dasarnya semua cara tersebut tidak bisa dipraktikkan kepada anak perempuan dengan urutan yang sama. Sebab itu padamilah anak kalian serta tentukanlah urutan cara mendidik anak perempuan yang baik menurut versi kalian.

No comments for "Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam"