Widget HTML Atas

Pengertian Skill Menurut Para Ahli

Pada masa sekarang, penggunaan kata skill mungkin sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Akan tetapi banyak orang yang mengert iarti dari kata skill hanya otodidak tanpa melihat pengertiannya menurut para ahli. Sebab itu pada pembahasan kali ini saya akan mencoba jabarkan pengertian skill menurut para ahli.

Pengertian Skill

Secara garis besar skill memiliki arti kemampuan untuk menggunakan akal, pikiran, dan ide kreativitas dalam mengerjakan, mengubah, ataupun membuat sesuatu hal menjadi bermakna. Hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan sebuah nilai dari sebuah pekerjaan.

Pengertian Skill Menurut Para Ahli

Pengertian lain juga menyebutkan skill sebagai kemampuan untuk menerjemahkan pengetahuan ke dalam praktik sehingga tercapai hasil kerja yang diinginkan. Dari penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwasanya skill merupakan sebuah kemampuan manusia dalam mengerjakan sesuatu hal untuk mendapatkan hasil kerja yang bermakna dalam kehidupan.

Pengertian Skill Menurut Para Ahli

Karena skill merupakan sebuah kata yang umum digunakan dalam kehidupan serta pendidikan. Sebab itu para ahli mencoba untuk mengemukakan pendapat mereka tentang makna kata skill tersebut. Berikut ini pendapat para ahli mengenai pengertiam skill.

1. Gordon

Dalam teorinya Gordon berpendapat bahwasanya skill adalah kemampuan untuk mengoperasikan pekerjaan secara mudah dan cermat.

2. Nadler

Dalam pendapatnya Nadler mengatakan bahwasanya skill merupakan kegiatan yang memerlukan praktek atau dapat diartikan sebagai implikasi dari aktivitas.

3. Higgins

Higgins juga berpendapat tentang pengertian skill yang menurutnya merupakan sebuah kemampuan dalam tindakan dan memenuhi suatu tugas.

4. Iverson

Dalam teorinya Iverson berpendapat bahwasanya skill adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan secara mudah dan cepat.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI

Skill sendiri berasal dari Bahasa Inggris dan sudah dianut ke dalam Bahasa Indonesia yang memiliki pengertian sebagai kecakapan, kepandaian, keterampilan, serta keahlian

6. Amirullah dan Budiyono

Kedua ahli ini pernah berpendapat bahwa skill merupakan suatu kemampuan untuk menerjemahkan pengetahuan ke dalam praktik sehingga tercapai tujuan yang diinginkan

7. Bateman Dan Snell

Mereka berpendapat bahwa skill merupakan bagian dari manajemen pengetahuan yang terdiri dari sekumpulan praktek dengan tujuan untuk menemukan dan memanfaatkan sumber-sumber data intelektual dari organisasi sepenuhnya serta mendayagunakan intelektual orang-orang dalam organisasi.

8. Dunette

Berpendapat bahwa skill merupakan kapasitas yang diperlukan oleh seseorang untuk menjalankan tugas dalam rangka mengembangkan diri.

9. Spencer

Dia berpendapat bahwasanya skill terbagi atas 5 jenis yaitu Kemampuan concern for order (CO), Intiative (INT), Impact and Influence (IMP), dan Keterampilan information seeking.

10. Ricky W. Griffin

Dalam pendapatnya Ricky juga membagi skill ke dalam dua jenis yaitu keterampilan manajemen waktu dan keterampilan dalam membuat keputusan.

11. Hari Amirullah

Dalam pendapatnya Hari Amirullah menekankan pengertian skill lebih kepada keterampilan pembuatan pengembangan proses diri untuk terus-menerus belajar.

12. Robins

Menurut Robbins skill terbagi atas 4 macam yaitu basic literacy skill, technical skill, interpersonal skill, dan problem solving.

13. Singers

Dia juga memberikan pendapat tentang skill yaitu sebuah keberhasilan seseorang dalam mengerjakan pekerjaan dan keberhasilan menyelesaikan pekerjaan itu dilakukan secara konsisten.

14. Robert L Katz

Dalam pendapatnya Robert membagi skill ke dalam 5 kategori yaitu kemampuan technikal skill, keterampilan administrasi, keterampilan hubungan manusia, keterampilan konseptual, dan kemampuan diagnostic.

Itulah pengertian skill menurut para ahli. Semoga dengan penjabaran pengertian skill tersebut Anda bias menyimpulkan tentang makna skill berdasarkan pendapat sendiri.

No comments for "Pengertian Skill Menurut Para Ahli"