Widget HTML Atas

Cara Berbakti Kepada Orang Tua dan Guru yang Benar

Mendidik Anak - Berbakti kepada orang tua dan guru merupakan sikap yang harus diterapkan oleh setiap anak. Hal tersebut dikarenakan mereka merupakan sosok yang mengajarkan anak untuk dapat tumbuh dan mengenal ilmu dalam kehidupan.

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh anak untuk berbakti kepada orang tua dan guru. Namun sayangnya banyak dari mereka tidak mengetahui cara yang benar untuk berbakti tersebut.

Sebab itu dalam kesempatan kali ini saya akan menjabarkan bagaimana cara berbakti kepada orang tua dan guru yang benar. Tujuannya ialah agar anak bisa memahami cara yang benar tersebut serta orang tua atau guru juga bisa menjelaskan kepada anak dengan cara yang baik.

cara berbakti kepada orang tua dan guru yang benar


Cara Berbakti Kepada Orang Tua Dan Guru Yang Benar

Cara berbakti kepada orang tua dan guru itu pada umumnya ada banyak hal yang bisa dilakukan. Namun pada pembahasan ini saya hanya memfokuskan ke beberapa cara saja yang lebih umum untuk diterapkan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh anak untuk berbakti kepada orang tua dan guru :

Cara Berbakti Kepada Orang tua :

  1. Lemah lembut dalam bertutur kata kepada orang tua.
  2. Ringan tangan dalam menjalankan perintahnya.
  3. Senantiasa bersikap sopan dan santun.
  4. Mendoakan orang tua setiap saat.
  5. Merawat orang tua ketika sudah berusia lanjut.

Cara Berbakti Kepada Guru :

  1. Patuh, hormat, dan senantiasa melaksanakan nasehatnya.
  2. Menjaga adab ketika berbicara dengan guru.
  3. Tidak menjelek-jelekkan guru.
  4. Senantiasa meminta izin dengan sopan.
  5. Mendoakan hal terbaik kepadanya.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh anak untuk berbakti kepada orang tua dan guru. Selanjutnya kita akan membahas penjabaran dari poin-poin yang sudah dijelaskan di atas

Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Baik Dan Benar

Berbuat baik kepada orang tua merupakan suatu kewajiban bagi seorang anak. Hal ini tidak terbatas sewaktu anak kecil saja, namun ketika anak sudah remaja dan dewasa dia tetap harus berbakti kepada kedua orangtuanya.

Sebenarnya tidak ada alasan yang bisa membantah hal tersebut karena orang tua merupakan sosok yang sangat berjasa kepada anak. Pengorbanan orang tua yang sudah tidak terhitung kepada anak mulai dari tenaga waktu materi bahkan nyawanya merupakan alasan yang konkret untuk menjadi alasan hal tersebut. Berikut lima cara berbakti kepada orang tua yang baik dan benar. Berikut lima cara berbakti kepada orang tua yang baik dan benar :

1. Lemah Lembut Dalam Bertutur Kata Kepada Orang Tua

Sebagai seorang anak tutur kata kita kepada orang tua harus senantiasa lemah lembut. Sebagai seorang anak jangan sesekali kamu mengucapkan kata dengan nada tinggi, apalagi mengucapkan kata-kata kasar.

Walaupun setiap sikap buruk yang dilakukan anak bisa dimaafkan oleh orang tua. Bagaimanapun juga orang tua tetaplah manusia yang tetap bisa tersakiti hatinya ketika mendapatkan kata-kata kasar dari anak yang sudah dibesarkannya sepenuh hati.

Sebab itulah anak harus bisa menjaga sikapnya yang lemah lembut ketika bertutur kata kepada orang tua. Jika sebagai seorang bawahan kamu bisa bersikap baik kepada atasan. Maka kepada orang tua kamu juga harus bisa bersikap lebih baik daripada bersikap kepada atasan tersebut.

2. Ringan Tangan Dalam Menjalankan Perintahnya

Banyak anak yang tidak mengindahkan perintah orang tua padahal itu baik baginya. Sikap seperti ini tentu sangat menyakiti hati orang tua dan dapat membuatnya menjadi kecewa. Sebab itu sebagai seorang anak cobalah untuk selalu ringan tangan dalam menjalankan perintah yang diberikan oleh orang tua.

Seperti yang sama-sama kita ketahui orang tua telah melayani kita sejak kita lahir hingga dewasa. Dalam melayani anaknya tersebut orang tua selalu ringan tangan bahkan ketika anak itu belum bisa berbicara sekalipun. Sebab itu ketika sudah berakal anak wajib membalas hal tersebut dengan ringan tangan pula kepada perintah orang tua.

Sangat tidak pantas apabila orang tua memerintah anak namun anak mencari alasan untuk tidak mengerjakan perintah tersebut. Apalagi ketika perintah yang diberikan oleh orang tua tersebut tidak memberatkan anak sedikitpun.

3. Senantiasa Bersikap Sopan Dan Santun

Tidak hanya harus berkata lembut kepada orang tua, anak juga harus senantiasa bersikap sopan dan santun kepadanya. Sikap santun yang diperlihatkan oleh anak merupakan bentuk dari hasil didikan yang diberikan oleh orang tua. Sebab itu jika anak bisa mempraktekkannya dengan baik maka terciptalah kepuasan dalam diri orang tua.

Bersikap sopan dan santun kepada orang tua tidaklah susah. Contoh kecil yang bisa dilakukan anak diantaranya mengucap salam ketika pulang atau berbicara ketika pergi. Selain itu menyantuni orang tua dengan menyalaminya serta menjauhi sikap kurang ajar merupakan contoh yang baik untuk dilakukan.

4. Mendoakan Orang Tua Setiap Saat

Seperti perintah agama doa dari anak soleh merupakan sesuatu yang memiliki manfaat bagi orang tua. Banyak hadis yang menjelaskan manfaat dari doa anak yang Soleh terhadap orang tua. Apalagi doa tersebut ditujukan kepada orang tua yang sudah meninggal dunia. Sebab itu sebagai seorang anak senantiasalah selalu mendoakan hal-hal baik untuk orang tua.

5. Merawat Orang Tua Ketika Sudah Berusia Lanjut

Salah satu cara berbakti yang paling baik dilakukan oleh anak terhadap orang tua ialah membalas jasa yang diberikan oleh orang tua ketika dia sudah berusia renta. Sebagai seorang anak kita harus sadar bahwasanya orang tua telah merawat kita dengan baik sewaktu kecil hingga dewasa. Sebab itu sebagai seorang anak kita berkewajiban untuk membalas jasa tersebut dengan cara merawat merawat mereka sepenuh hati.

Sebisa mungkin sebagai seorang anak jangan serahkan perawatan hari tua orang tua kita ke panti jompo. Usahakanlah untuk membuat orang tua bisa selalu melihat anak kesayangannya di hari-hari tuanya tersebut. Dengan demikian orang tua akan senantiasa bersyukur dan merasa senang di hari-hari akhirnya.

Cara Berbakti Kepada Guru Yang Baik Dan Benar

Guru merupakan sosok orang tua kedua bagi anak yang telah mengajarkannya banyak hal di bidang ilmu pengetahuan. Sebab itu seorang anak wajib berbakti kepada guru untuk membalas jasa yang telah diberikan.

Walaupun masa berbakti kepada guru terbatas hanya pada waktu sekolah. Akan tetapi ada banyak hal yang bisa dilakukan anak untuk berbakti tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan anak untuk berbakti kepada guru yang baik dan benar :

1. Patuh, Hormat, Dan Senantiasa Melaksanakan Nasehatnya

Sebagai seorang anak patuh kepada guru saat dia memberikan materi pembelajaran merupakan cara terbaik untuk berbakti kepadanya. Menuruti perintah seorang guru merupakan kewajiban seorang anak, apalagi yang diberikan oleh guru tersebut merupakan hal yang baik.

Selain itu bersikap hormat dan tidak menjelek-jelekkan juga merupakan cara berbakti yang baik kepada guru. Sebagai orang tua kedua, guru pasti memberikan nasihat terbaik untuk anak didik kesayangannya. Sebab itu sebagai seorang anak kamu harus bisa melaksanakan nasihat tersebut sebaik mungkin.

2. Menjaga Adab Ketika Berbicara Dengan Guru

Layaknya berbakti kepada orang tua, seorang anak juga harus bisa menjaga adab ketika berbicara kepada guru. Bertutur kata yang sopan dan baik ketika bertanya ataupun berbicara merupakan cara berbakti yang baik dan benar terhadap guru.

Jangan pernah sesekali kamu mengeluarkan kata kasar atau bernada tinggi ketika bertanya atau menanggapi penjelasan guru. Selain itu ketika belajar cobalah untuk selalu menjaga suasana kelas dengan tidak berbicara buruk ketika guru menjelaskan.

Ketika berada di luar sekolah jangan pernah takut atau malu untuk menyapa guru. Hal tersebut merupakan sikap yang membuktikan bahwa tanya kamu memang berbakti kepada guru.

3. Tidak Menjelek-Jelekkan Guru

Sebagai seorang anak tidak pantas bagimu untuk menjelek-jelekkan guru. Sudah sepatutnya seorang anak untuk menghormati guru dengan cara berkata hal yang baik tentang dirinya.

Dengan bersikap rendah hati kepada guru, maka apa yang disampaikan oleh tersebut bisa kamu terima dengan baik. Dengan demikian pembelajaran yang diberi guru tersebut bisa bermakna bagi dirimu.

Sebagai seorang anak kamu harus memahami bahwasanya hal yang dilakukan oleh guru tersebut merupakan hal yang baik untuk masa depanmu. Oleh sebab itu jangan sesekali kamu merasa marah atau dongkol atas perlakuan yang diberikan kepada dirimu, selagi hal tersebut masih wajar dan tergolong baik.

4. Senantiasa Meminta Izin Dengan Sopan

Sebagai seorang anak atau murid, ketika berinteraksi dengan guru keseharian itu lebih banyak dilakukan di dalam kelas. Sebab itu kamu harus senantiasa meminta izin terlebih dulu kepada guru ketika ingin melakukan sesuatu.

Jangan sesekali kamu bertindak tanpa seizin guru ketika berada di dalam kelas seperti berdiri atau keluar seenaknya. Hal ini tentu akan berdampak pada suasana hati guru yang mengakibatkan dia marah kepadamu.

Selain itu meminta izin dengan sopan kepada guru membuktikan bahwa hanya kamu bisa menghormati dirinya. Dengan mempraktekkan hal ini dengan baik saja sudah cukup bagimu sebagai seorang anak untuk berbakti dan menghormati guru.

5. Mendoakan Hal Terbaik Kepadanya

Mendoakan Hal terbaik untuk guru memang merupakan rutinitas yang selalu dilakukan setiap hari senin. Akan tetapi lebih baik lagi jika kamu senantiasa mendoakan gurumu dengan hal-hal baik. Dengan demikian secara tidak langsung kamu sudah melakukan pembaktian yang baik dan benar kepada guru.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh anak untuk berbakti kepada orang tua dan gurunya. Pada dasarnya Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk berbakti kepada orang tua dan guru. Selagi hal tersebut dilakukan dengan baik maka tidak ada salahnya menerapkan itu semua.

Keyword

cara berbakti kepada guru, 12 cara berbakti kepada guru, contoh berbakti kepada orang tua, hikmah berbakti kepada orang tua dan guru, sering seorang siswa membeda-bedakan fungsi antara orang tua dan guru, hukum patuh terhadap guru adalah, mendengarkan nasihat termasuk cara berbakti kepada, cara berbakti yang benar kepada orang tua yang sudah meninggal adalah, mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru,berikut yang termasuk cara berbakti guru adalah

No comments for "Cara Berbakti Kepada Orang Tua dan Guru yang Benar"