Widget HTML Atas

Pengertian Pendidik Menurut Para Ahli

Pendidikan - Pada umumnya setiap orang pasti pernah mengalami pendidikan, namun pada kenyataannya tidak setiap orang yang mengalami pendidikan mengetahui makna dari kata pendidikan tersebut.

Pengertian Pendidik Menurut Para Ahli

Dengan kemajuan zaman maka pola berpikir seseorang pun juga akan berubah. Hal ini akan melahirkan pola pikir yang pada awalnya awam dan kaku menjadi lebih modern.

Oleh sebab itu penting untuk kita mengetahui makna dari pendidikan itu sendiri. Karena seiring dengan kemajuan nya pendidikan maka konsep dan pengertian dari pendidikan itu pun makin menjadi kabur.

Untuk mengatasi hal tersebut maka para pakar-pakar pendidikan membuat landasan yang menjadi konsep dari pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu semua, maka untuk saat sekarang ini kita sudah bisa menengok pengertian dari pendidikan menurut para ahli.

Pengertian Pendidikan Secara Umum

Secara umum pendidikan dapat diartikan sebagai metode untuk mengembangkan keterampilan, kebiasaan, serta sikap yang diharapkan dapat membuat seorang individu menjadi lebih baik. Pendidikan itu sendiri biasanya dibagi menjadi beberapa fase yaitu pra sekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah akhir, dan perguruan tinggi.

Pengertian Pendidikan Menurut Etimologis

Jika kita melihat dalam bahasa Inggris pendidikan sendiri disebut dengan "EDUCATION". Education sendiri berakar dari kata bahasa latin yaitu Eductum yang tersusun dari kata E dan duko. E sendiri memiliki arti suatu perkembangan yang berasal dari luar, sedangkan duko memiliki arti sesuatu yang sedang berkembang.

Dari pengertian tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwasanya definisi pendidikan berarti suatu perkembangan yang berasal dari luar untuk membantu individu yang sedang berkembang.

Pengertian Pendidikan

Dari dua penjelasan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa pendidikan memiliki definisi sebagai proses pembelajaran yang diberikan kepada individu atau yang biasa disebut sebagai peserta didik untuk menambah pemahamannya mengenai sesuatu hal yang menjadi pribadi bagi individu tersebut. Hal ini memiliki tujuan akhir yaitu individu yang telah mendapatkan pendidikan dapat menjadi orang yang bisa berpikir kritis dan lebih baik dari sebelum dia mendapatkan pendidikan.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Jika kita berbicara tentang pengertian pendidikan, pendidikan sendiri sebenarnya memiliki definisi yang sangat relatif. Setiap orang atau para pakar pasti memiliki pengertian pendidikan tergantung subjektif pandangannya terhadap pendidikan itu sendiri

Namun dari banyaknya pengertian dan pandangan para pakar tentang pendidikan, muara atau akhir dari pendidikan itu sendiri tetap satu tujuan yaitu untuk membuat individu menjadi lebih baik. Berikut akan kita bahas beberapa pengertian pendidikan menurut para ahli :

1. Abdullah Ibnu Al-muqafah

Mengatakan bahwasanya pendidikan adalah kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan dan mencapai peradaban tertinggi yang merupakan santapan rohani.

2. Ahmad D. Marimba

Mengemukakan pendapat bahwasanya pendidikan adalah bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap peserta didik berupa perkembangan jasmani dan rohani agar terbentuknya kepribadian yang lebih baik

3. An-Nahkawi

Mengemukakan pendapat bawahannya pendidikan dalam bahasa Arab berarti tarbiyah, yang memiliki arti segala usaha dalam mengurus, mengatur, dan memperbaiki suatu potensi yang sudah ada sejak lahir agar tumbuh dan berkembang seiring individu menjadi dewasa.

4. Carter V. Good

Mengemukakan pendapat bahwasanya pendidikan adalah suatu proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlaku di masyarakat. Proses dimana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terpimpin secara khusus di dalam lingkungan sekolah. Sehingga mereka dapat mencapai kecakapan sosial dan pengembangan kepribadian.

5. Darmaningtyas

Berpendapat bahwa pendidikan adalah suatu usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan kemajuan yang lebih baik

6. Dr. Sutari Imam Bernadib

Mengemukakan pendapat bahwasanya ilmu pendidikan adalah ilmu untuk mempelajari suasana dan proses-proses pendidikan. Proses yang dimaksud disini adalah cara-cara yang dilakukan untuk memperoleh pendidikan yang sistematis dan bertahap.

7. Driyarkara

Memiliki pendapat bahwasanya pengertian pendidikan adalah suatu upaya dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda menuju taraf yang lebih insani.

8. Drs. M. Ngailim Purwanto

Berpendapat bahwa pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan merenungkan segala hal tentang gejala-gejala perbuatan untuk mendidik.

9. Drs. Wasty Soemanto. M. Pd

Berpendapat bahwasanya pendidikan adalah proses pembelajaran yang menghasilkan pengalaman untuk memberikan kesejahteraan pribadi baik secara lahir maupun batin

10. Edgar Dale

Mengatakan bahwasanya pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan dengan sadar oleh keluarga, masyarakat, ataupun pemerintah melalui bimbingan, pengajaran, pembelajaran, dan pelatihan. Hal ini berlangsung dengan baik di sekolah maupun di luar sekolah sepanjang hidup untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat menjalankan perannya di lingkungan masyarakat untuk masa yang akan datang.

11. Ensiklopedia Pendidikan Indonesia

Menjelaskan bahwa pendidikan adalah suatu proses pembimbingan manusia atau anak didik dari kegelapan, ketidaktahuan, kebodohan, menuju ke arah tercerdas dan berpengetahuan

12. Frederick J. Mc Donald

Menyatakan bahwa pendidikan ialah suatu proses yang arah tujuannya untuk merubah tabiat manusia

13. GBHN

Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam maupun di luar sekolah secara terus-menerus seumur hidup

14. Girex B

Mengemukakan pendapat bahwasanya pendidikan adalah suatu upaya dan usaha yang dilakukan oleh orang dewasa untuk mendidik nalar dan moral peserta didik.

15. Godfrey Thompson

Mengatakan bahwasanya pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu yang menghasilkan perubahan pada pola kebiasaan atau adat, tingkah laku, pikiran, dan perasaannya

16. Horne

Menyatakan bahwa pendidikan adalah proses yang dilakukan secara terus-menerus hingga ke tingkat penyesuaian yang lebih tinggi bagi manusia yang telah berkembang secara fisik dan juga mental

17. Ibnu Sina

Mengemukakan pendapat bahwa pendidikan ialah sesuatu yang berkaitan dengan aspek yang ada pada diri manusia mulai dari fisik, mental, maupun moral.

18. Kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI

Mengartikan pendidikan sebagai sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai objek tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal tersebut memiliki akibat terhadap pola pikir, perilaku, dan akhlak yang sesuai dengan pendidikan berikan kepada individu tersebut.

19. Ki Hajar Dewantara

Berpendapat bahwa pendidikan adalah suatu tuntutan dalam hidup untuk tumbuhnya anak-anak. Maksudnya ialah pendidikan menuntut segala kekuatan kodrat yang ada pada diri anak-anak agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dia dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.

20. Kohnstamm dan Gunning

Mengatakan bahwa pendidikan merupakan suatu prose pembentukan hati nurani manusia dan merupakan proses penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.

21. M.J. Langeveld

Mengatakan bahwa pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa menuju kearah kedewasaan. Pendidikan sendiri merupakan suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya. Hal ini bertujuan agar mereka menjadi orang yang mandiri dan bertanggung jawab secara susila.

Menurut M.J. Langeveld pendidikan juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan tanggung jawab

22. Mary McLeod Bethune

Mengatakan bahwasanya pendidikan dalam artian sempit ialah suatu perbuatan atau proses yang dilakukan untuk memperoleh sebuah pengetahuan

23. Paulo Freire

Mengemukakan pendapatnya tentang pendidikan sebagai jalan menuju kebebasan yang permanen dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama ialah masa dimana manusia menjadi sadar akan kebebasan dan tahap kedua merupakan gabungan atas tahap pertama dan proses tindak kultural yang bebas.

24. Plato

Mengatakan bahwasanya pendidikan adalah suatu yang dapat membantu perkembangan individu baik secara jasmani maupun akal yang yang dapat memungkinkan tercapainya suatu kesempurnaan

25. Prof. Dr. Dedi Supardi

Mengemukakan pendapat bahwasanya pendidikan adalah suatu fungsi yang harus dilakukan oleh keluarga dan masyarakat dengan baik secara terpadu dan sengaja untuk mengembangkan fungsi pendidikan.

26. Prof. Dr. Imam Barnadib

Mengemukakan bahwasanya pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik.

27. Prof. Dr. John Dewey

Menyatakan bahwa pendidikan adalah suatu proses pengalaman karena hidup merupakan pertumbuhan. Maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan secara batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan sendiri merupakan proses penyesuaian pada setiap fase dan kecakapan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.

28. Prof. H. Mahmud Yunus

Memberikan pendapat bahwasanya pendidikan ialah suatu usaha yang sengaja digunakan untuk mempengaruhi atau membantu individu muda dalam meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani, dan akhlak. Sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dan cita-citanya serta juga dapat memperoleh kehidupan yang bahagia, bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, agama, bangsa dan negara.

29. Prof. Herman H. Horn

Berpendapat bahwa pendidikan adalah suatu penyesuaian yang lebih tinggi dari individu yang telah berkembang secara fisik dan mental sebelumnnya agar sadar akan Tuhan dan bisa memanifestasikan alam sekitar, intelektual, emosional, dan kemauan dari manusia itu sendiri

30. Prof. Zaharai Indris, M.A

Mengemukakan pendapat bahwasanya pendidikan adalah serangkaian kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk terjadinya tatap muka antara manusia dewasa dan peserta didik menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan pada perkembangan peserta didik secara utuh

31. Rocky Gerung

Mengatakan bahwasanya pendidikan adalah suatu proses atau upaya untuk membawa seseorang keluar dari kedunguan.

32. S. A. Bratanata dkk

Berpendapat bahwa pendidikan adalah usaha yang sengaja diadakan baik secara langsung maupun secara tidak langsung untuk membantu anak dalam perkembangan untuk mencapai kedewasaan.

33. Stella van Petten Henderson

Mengatakan bahwa pendidikan adalah suatu kombinasi dari pertumbuhan dengan perkembangan insan yang merupakan warisan sosial

34. Theodore Bramald

Mengatakan bahwasanya pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas berlangsung dalam sekolah. Pendidikan merupakan suatu kegiatan sosial yang mempertahankan agar masyarakat tetap ada dan terus berkembang.

35. UU No 2 Tahun 1989

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan pengajaran, bimbingan, ataupun latihan untuk perannya di masa depan

36. UU No 2 Tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran peserta didik agar aktif dalam mengembangkan potensi dirinya. Hal ini bertujuan untuk memperoleh kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak, bangsa, dan negara

37. UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003

Mengatakan pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar, terencana untuk mewujudkan suatu suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya. Potensi ini nantinya akan digunakan untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, kepribadian yang baik, pengendalian diri, berakhlak mulia, cerdas, dan memiliki keterampilan yang diperlukan oleh anggota masyarakat.

38. Wikipedia

Pendidikan adalah proses pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan suatu kelompok yang diturunkan dari generasi ke generasi melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian

Sebenarnya masih banyak pendapat para ahli tentang pendidikan itu sendiri. namun dari banyaknya pendapat itu dapat kita simpulkan bahwa Sanya pendidikan itu sendiri merupakan suatu proses yang mana bertujuan untuk membawa individu keluar dari yang namanya kegelapan pengetahuan menuju ke ilmu pengetahuan yang sangat terang dan bervariasi.

No comments for "Pengertian Pendidik Menurut Para Ahli"