Widget HTML Atas

Cara Agar Bayi Punya IQ Tinggi Sejak Dalam Kandungan

Cara Agar Bayi Punya IQ Tinggi Sejak Dalam Kandungan

Pendidikan - Mendidik anak sejatinya tidak hanya dilakukan ketika dia sudah lahir saja. Bayi yang akan lahir sebenarnya sudah bisa dipersiapkan sebelum dia lahir dengan menerapkan beberapa rangsangan luar. Harapannya rangsangan ini nantinya akan meningkatkan kecerdasan anak agar dia memiliki IQ tinggi ketika lahir.

Cara Agar Bayi Punya IQ Tinggi Sejak Dalam Kandungan

Saat ini banyak terapi ahli yang mengembangkan cara terapi yang mana cara ini diharapkan dapat memaksimalkan perkembangan bayi semenjak dia masih di dalam kandungan. Namun untuk mendapatkan anak yang ber IQ tinggi sebenarnya orangtua tidak harus melakukan yang namanya terapi. Karena hanya dengan memenuhi kebutuhan gizi saat hamil saja, sudah menjadi salah satu pemicu agar anak lahir cerdas nantinya,

Berikut beberapa cara agar anak lahir cerdas dimulai saat masih dalam kandungan.

1. Memakan Makanan Sehat

Tidak bisa di pungkiri lagi bahwasanya makanan merupakan faktor utama penunjang kecerdasan. Ketika sedang hamil, makanan yang dimakan oleh ibu akan tersalurkan kepada bayi yang di kandungnya. Sebab itu penting bagi ibu hamil untuk membuat pilihan akan makanan yang akan dimakan.

Untuk meningkatkan perkembangan otak, makanan, makanan yang mengandung omega-3 dan turunannya merupakan pilihan yang baik. Makanan yang mengandung omaga-3 sendiri diantaranya ikan tuna, ikan herring, minyak ikan, dan hati. Selain itu omega-3 juga bisa di dapatkan dari daging unggas atau kuning telur.

2. Ajak Bayi Berinteraksi

Walaupun saat dalam kandungan bayi belum bisa melakukan interaksi langsung, namun mengajak bayi untuk berinteraksi bukalah suatu hal yang salah.

Sebenarnya, bayi yang ada di dalam kandungan sudah dapat mendengarkan suara setelah usianya mencapai 23 minggu. Dalam kandungan, bayi memiliki batasan dalam mendengarkan suara. Namun bayi dapat mendengar dan membedakan suara ibunya sendiri.

Selain itu, sikap mengelus perut yang dilakukan oleh ayah atau ibunya juga mampu merangsang bayi dan meningkatkan perkembangan otaknya. Sebab itu, lakukanlah pembicaraan ringan dengan bayi anda ya bun, agar perkembangan otak anak bisa di rangsang secara maksimal.

3. Melakukan Aktivitas Mengasah Otak

Seperti yang sama-sama diketahui bahwasanya ibu hamil memiliki keterkaitan dengan bayi yang ada dalam kandungannya. Segala aktivitas yang dilakukan oleh ibu si bayi juga akan berdampak pada si bayinya. Sehingga cara ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk merangsang perkembangan otak bayi semenjak dalam kandungan

Untuk meningkatkan kecerdasan bayi semenjak dalam kandungan agar lahirnya memiliki IQ tinggi. Maka bunda dapat merangsangnya dengan cara melakukan aktivitas merangsang otak. Bunda dapat melakukan aktivitas seperti membaca atau memainkan permainan yang membutuhkan penalaran. Dengan demikian anak secara tidak langsung juga akan terasah otaknya.

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik atau lantunan ayat suci Al-Qur'an ternyata juga dapat meningkatkan kecerdasan anak semenjak dalam kandungan. Cara ini juga sudah diyakini oleh para pakar sebagai salah satu cara untuk membuat anak ber IQ tinggi.

Untuk melakukan kegiatan ini bunda hanya perlu mendengarkan musik saja. Musik yang di dengarkan oleh bunda inilah yang nantinya akan tersalurkan kepada si bayi. Sehingga menjadi pemicu dalam merangsang otaknya.

5. Hindari Mengkonsumsi yang Buruk

Ketika dalam keadaan hamil, bunda sangat dianjurkan untuk menghindari zat adiktif seperti alkohol, tembakau, kafein,  dan obat-obatan. Zat adiktif yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada perkembangan bayi sehingga perkembangan otaknya akan terganggu.

Dalam keadaan hamil, bunda harus benar-benar menghindari zat yang satu ini jika ingin melahirkan anak yang ber IQ tinggi. Jagalah jarak dengan paparan yang ditimbulkan oleh zat ini seperti asap rokok. Bunda memang harus berhati-hati, jika ingin anaknya lahir dengan keadaan baik-baik saja.

6. Perbanyak Olahraga

Memang, dalam keadaan hamil bunda akan merasakan lelah yang lebih dari pada biasanya. Apalagi rasa takut terjadi sesuatu kepada bayi yang di tanggung yang membuat bunda sangat waspada ketika ingin melakukan sesuatu.

Dalam keadaan hamil, melakukan olahraga bukanlah suatu kegiatan yang salah ya bun. Selain baik untuk menjaga berat badan dan memperlancar persalinan. Olahraga juga dapat menjadi faktor pemicu dalam merangsang otak anak. 

Bahkan sebuah penelitian mengatakan bahwasanya, anak yang lahir dari orangtua yang gaya hidup aktif memperoleh kecerdasan otak yang tinggi dalam tes keterampilan dan bahasa lisan dibandingkan dengan yang memiliki gaya hidup tidak aktif.

Sebab itu, jangan sungkan dan malas untuk melakukan olahraga ya bun.

7. Hindari Stres

Rasa stres yang bunda alami akan berpengaruh kepada perkembangan bayi yang sedang bunda kandung. Jika bunda merasakan cemas dan stres, besar kemungkinan si Bayi juga akan merasakannya.

Sebab itu hindarilah stres agar perkembangan bayi dapat berjalan secara optimal. Bunda dapat melakukan latihan relaksasi data yoga prenatal untuk menghindari stres yang bunda derita.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan anak ketika masih dalam kandungan. Banyak makanan dan kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Namun dibalik itu semua dibutuhkan kemauan dari orangtuanya.

Semoga artikel ini bermanfaat!

1 comment for "Cara Agar Bayi Punya IQ Tinggi Sejak Dalam Kandungan"

Post a Comment