Pendahuluan Kurikulum Merdeka menempatkan asesmen sebagai komponen krusial dalam proses pembelajaran, dengan fokus utama pada perwujudan pendidikan yang holistik dan berpusat pada peserta didik. Asesmen dalam kerangka ini tidak hanya bertujuan untuk mengukur hasil akhir, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar, memberikan umpan balik yang konstruktif, serta memantau perkembangan siswa secara berkelanjutan. Pendekatan ini memastikan bahwa pembelajaran dapat diadaptasi untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan siswa secara optimal, sejalan dengan tujuan Kurikulum Merdeka itu sendiri. Prinsip-prinsip Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Penerapan asesmen dalam Kurikulum Merdeka dilandasi oleh beberapa prinsip penting yang menjadikannya lebih fleksibel dan relevan. Asesmen harus bersifat fleksibel dan adaptif, tidak semata-mata berfokus pada hasil akhir, melainkan juga pada proses belajar siswa. Selain itu, asesmen harus relevan dengan tujuan pembelaja...
Penerapan Asesmen yang Tepat dalam Kurikulum Merdeka: Mewujudkan Pembelajaran Holistik dan Berpusat pada Peserta Didik
Oktober 02, 2025
0
Komentar
Pendahuluan Kurikulum Merdeka menempatkan asesmen sebagai komponen krusial dalam proses pembelajaran, dengan fokus utama pada perwujudan pendidikan yang holistik dan berpusat pada peserta didik. Asesmen dalam kerangka ini tidak hanya bertujuan untuk mengukur hasil akhir, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar, memberikan umpan balik yang konstruktif, serta memantau perkembangan siswa secara berkelanjutan. Pendekatan ini memastikan bahwa pembelajaran dapat diadaptasi untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan siswa secara optimal, sejalan dengan tujuan Kurikulum Merdeka itu sendiri. Prinsip-prinsip Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Penerapan asesmen dalam Kurikulum Merdeka dilandasi oleh beberapa prinsip penting yang menjadikannya lebih fleksibel dan relevan. Asesmen harus bersifat fleksibel dan adaptif, tidak semata-mata berfokus pada hasil akhir, melainkan juga pada proses belajar siswa. Selain itu, asesmen harus relevan dengan tujuan pembelaja...