Widget HTML Atas

Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Kabel Data tanpa HDMI

Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Kabel Data tanpa HDMI

Afdal Rahendra - Apakah kamu sedang mencari cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data tanpa HDMI? Jika benar maka cara itu sebenarnya bisa kamu lakukan, tapi sedikit mustahil pada saat sekarang ini tanpa HDMI sama sekali.

Mungkin pada waktu dahulu menghubungkan HP ke Kiki merupakan sesuatu hal yang mustahil dilakukan. Namun akibat dari berkembangnya teknologi pada era sekarang ini sudah bisa melakukan hal tersebut. Bahkan pada saat sekarang ini, kamu bisa menghubungkan HP ke TV tanpa menggunakan kabel sama sekali.

Mengenal Apa Itu Mirroring

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data tanpa HDMI, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu Apa itu mirroring? Hal tersebut dikarenakan kegiatan yang akan kamu lakukan ini merupakan teknik yang bernama mirroring.

Mirroring merupakan sebuah teknologi yang mana memungkinkan kamu untuk menampilkan atau memunculkan apa yang ada pada layar smartphone atau HP ke perangkat lain Seperti PC, TV, bahkan proyektor. Secara sederhananya, mirroring merupakan sebuah teknologi yang menampilkan gambar sama pada sebuah perangkat elektronik HP, laptop dan komputer ke perangkat proyeksi seperti TV dan proyektor.

Sebab itu secara tidak langsung kegiatan menghubungkan HP ke TV dengan kabel data tanpa HDMI yang akan kamu lakukan ini merupakan aktivitas mirroring itu sendiri. Sayangnya pada saat sekarang ini belum ada alat bantu yang benar-benar meniadakan keberadaan HDMI untuk melakukan mirror ini.

Cara Menghubungkan HP Ke TV Dengan Kabel Data Tanpa HDMI

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data tanpa HDMI itu pada saat sekarang sedikit mustahil untuk dilakukan. Walaupun demikian bukan berarti cara tersebut tidak mungkin untuk kamu lakukan karena masih ada cara yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan hal tersebut pada saat sekarang.

Cara tersebut ialah dengan menggunakan kabel converter USB To HDMI yang banyak beredar di Marketplace pada saat sekarang ini. Namun cara ini hanya bisa kamu lakukan pada HP terbaru dengan koneksi USB The C.

Untuk lebih lengkapnya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah mematikan TV dalam keadaan mati karena cara ini harus dilakukan pada saat TV off.
  2. Jika sudah langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah menghubungkan HP ke USB HDMI dan sambungkan juga kabel lainnya ke Port HDMI pada TV. Pastikan kamu memasang konektor HDMI tersebut dengan baik agar tabel tidak lepas pada saat digunakan nantinya.
  3. Jika sudah langkah selanjutnya harus kamu lakukan ialah menghidupkan kembali TV dan menyalakannya.
  4. Setelah TV menyala langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah masuk ke menu pengaturan dan pindahkan saluran TV kamu ke saluran HDMI. Apabila TV yang kamu gunakan tidak support dengan pengaturan seperti ini, maka cara ini tidak bisa kamu lakukan.
  5. Jika sudah silakan cari “HDMI connecting” pada pengaturan TV dan centanglah pengaturan tersebut. Selanjutnya akan muncul notifikasi pada HP yang kamu gunakan, silakan izinkan agar HP tersebut tampil pada layar TV.

Itulah cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data tanpa HDMI yang bisa kamu lakukan. Pada dasarnya acara tersebut tidak benar-benar meniadakan HDMI seperti yang sudah dijelaskan, namun cara tersebut efektif untuk menghubungkan HP ke TV dengan kabel data. Sebenarnya ada cara yang bisa kamu lakukan untuk benar-benar menghilangkan HDMI ketika menghubungkan HP ke TV yaitu dengan menggunakan Wi-Fi. Akan tetapi cara ini hanya support terhadap TV yang ada Wi-Fi saja.

Rekomendasi Kabel HDMI to USB Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelum, bahwasanya untuk menghubungkan HP ke TV membutuhkan alat bantu yaitu kabel HDMI do USB. Bagi kamu yang belum Memiliki kabel HDMI do USB dan berkeinginan untuk membelinya, berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih.

Harga di atas belum termasuk ongkos kirim dan waktu waktu dapat berubah.

No comments for "Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Kabel Data tanpa HDMI"