Widget HTML Atas

Mengenal Aplikasi MyPertamina Beginilah Cara Pakainya

Mengenal Aplikasi MyPertamina Beginilah Cara Pakainya

Baru-baru ini PT Pertamina bersama pemerintah lewat Badan Pengatur Hilir Dan Gas Bumi atau BPH Migas, dikabarkan sedang menyusun sebuah kebijakan tentang penyaluran bahan bakar minyak (BBM) subsidi yakni solar dan pertalite supaya tepat sasaran. Rencana tersebut ialah untuk penyaluran bahan bakar yang memanfaatkan fitur dari aplikasi dengan nama MyPertamina.

Tujuan dari penggunaan aplikasi tersebut ialah agar penyaluran solar dan pertalite tepat sasaran. Aplikasi MyPertamina akan dipakai untuk mendata serta membatasi pembelian pelanggan atas BBM subsidi tersebut. Tujuan dari penggunaan sistem digitalisasi ini ialah agar nantinya pembeli dapat melakukan pengisian ulang yang efektif.

Sebagian dari kamu mungkin sudah mengetahui tentang Aplikasi MyPertamina, namun sebagian lainnya mungkin belum mengetahui dan bahkan baru mendengar nama MyPertamina. Sebab itu pada pembahasan ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu aplikasi MyPertamina dan bagaimana cara pakainya.

Mengenal Apa Itu Aplikasi MyPertamina

Aplikasi My Pertamina merupakan layanan keuangan digital yang dikembangkan oleh perusahaan Pertamina pada tahun 2022. Aplikasi ini berfungsi sama seperti platform OVO, DANA, LinkAja, Gopay, dan lain sebagainya.

Melalui aplikasi ini diharapkan pelanggan dapat melakukan transaksi produk Pertamina untuk membeli BBM secara cashless atau non tunai. Aplikasi MyPertamina ini beroperasi dengan dukungan dari platform LinkAja sebagai media pembayarannya. Sehingga ketika ingin melakukan pembelian BBM lewat aplikasi MyPertamina, pengguna wajib untuk memiliki akun terlebih dahulu dan menautkannya dengan akun LinkAja.

Untuk mendapatkan aplikasi My Pertamina pengguna bisa mengunduhnya melalui Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iPhone. Aplikasi ini tersedia secara gratis sehingga dapat digunakan oleh semua masyarakat Indonesia.

Cara Penggunaan Aplikasi MyPertamina

Untuk dapat melakukan transaksi menggunakan aplikasi MyPertamina, pengguna diwajibkan untuk memiliki akun LinkAja terlebih dahulu. Jika sudah memiliki akun LinkAja, silakan ikuti langkah-langkah berikut dalam menggunakan aplikasi MyPertamina untuk membeli BBM.

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi MyPertamina di Play Store atau App Store tergantung smartphone yang kamu gunakan.
  2. Setelah aplikasi terinstal, pertama kali kamu akan diminta untuk melakukan pendaftaran akun MyPertamina. Silakan lakukan pendaftaran dengan mengisi nama lengkap, nomor telepon aktif, dan PIN untuk konfirmasi pembayaran.
  3. Nantinya kamu akan dikirimkan sebuah kode OTP aktivasi akun MyPertamina ke nomor yang kamu masukkan tadi. Gunakanlah kode OTP tersebut untuk melakukan aktivasi akun MyPertamina yang kamu daftar tadi.
  4. Setelah akun yang kamu buat tersebut teraktivasi, nantinya pengguna akan diminta untuk login kembali menggunakan nomor telepon dan PIN yang sudah dibuat sebelumnya.
  5. Jika sudah kamu akan masuk ke halaman interface aplikasi MyPertamina yang mana akan diminta untuk menautkan akun LinkAja. Silakan kamu tautkan akun LinkAja yang sudah dibuat sebelumnya untuk dapat menggunakan aplikasi MyPertamina ini.
  6. Sedangkan untuk penggunaan aplikasi MyPertamina dalam melakukan pembelian BBM, kamu hanya perlu memindai kode QR yang diberikan oleh petugas SPBU. Nantinya pembayaran yang dilakukan menggunakan aplikasi MyPertamina akan memotong saldo LinkAja yang kamu gunakan.

Tujuan dari penggunaan aplikasi MyPertamina ini ialah untuk melakukan pembatasan pembelian Pertalite dan Solar agar penyalurannya bisa tepat sasaran. Semua SPBU nantinya akan menerapkan mekanisme pembelian jenis BBM berbeda untuk pertalite dan solar yang mana hanya dapat dibeli melalui aplikasi MyPertamina oleh pihak tertentu.

Sedangkan pihak tertentu yang dimaksud oleh PT Pertamina dan pemerintah tersebut masih dalam proses pembahasan lebih lanjut. Sebab itulah ketika ingin membeli BBM bersubsidi ini, masyarakat atau pelanggan akan diminta untuk mengisi data diri terlebih dahulu di aplikasi MyPertamina. Data tersebut nantinya akan diverifikasi oleh pihak BPH migas untuk memastikan kriteria pelanggan yang sesuai untuk mendapatkan BBM subsidi ini

Itulah pembahasan singkat mengenai aplikasi MyPertamina dan tata cara pemakaiannya untuk membeli BBM subsidi berupa pertalite dan solar. Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasanmu mengenai aplikasi baru yang akan diluncurkan oleh PT Pertamina dalam pembelian BBM subsidi.

No comments for "Mengenal Aplikasi MyPertamina Beginilah Cara Pakainya"