Widget HTML Atas

8 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Afdal RahendraBangun pagi merupakan rahasia produktivitas bagi banyak orang sukses. Mulai dari atlet hingga dokter, orang-orang memberikan merekomendasikan untuk bangun pagi karena memberi awal hari untuk Anda yang lebih panjang sehingga lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan.

Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Bangun pagi mungkin terasa sulit bagi banyak orang, akan tetapi kesulitan itulah yang memiliki manfaat besar, termasuk meningkatkan kualitas tidur, kesehatan mental, serta produktivitas. Dalam artikel ini saya akan berbagai sedikit manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bangun pagi. Sebab itu silakan baca artikel ini agar Anda lebih bisa menghargai waktu, sehingga mau berupaya untuk bangun pagi.

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Bangun pagi memberikan konsentrasi yang lebih baik pada tubuh sehingga Anda akan lebih waspada dan berenergi sepanjang hari.

Terdapat hubungan yang erat antara bangun pagi dengan tingkat sukses seseorang. Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan orang yang bangun pagi cenderung lebih proaktif dan berorientasi pada tujuan, memiliki keterampilan pemecahan masalah yang kuat, serta dapat melakukan sesuatu hal dengan lebih baik.

Studi lain pada tahun 2008 juga menemukan fakta bahwa mahasiswa yang mengatakan diri sebagai "orang yang bangun pagi" mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada mereka yang begadang. Kualitas tidur yang buruk ternyata berhubungan dengan kinerja kognitif yang memburuk termasuk memori yang buruk, kesulitan berkonsentrasi dan berpikir, dan perubahan suasana hati.

2. Menjaga Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Tidur yang cukup ternyata juga dapat meningkatkan konsisten, tekanan darah, sistem kekebalan tubuh, fungsi otak dasar, suasana hati, dan memberi tubuh waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri. Kebiasaan bangun pagi akan membuat Anda tidur lebih awal serta lebih mudah di malam harinya. Hal ini sangat berperan dalam menjaga waktu tidur dan bangun yang konsisten serta mengatur ritme sirkadian Anda yang menyebabkan tidur lebih nyaman di malam hari.

Orang yang memiliki jadwal tidur yang konsisten akan mendapatkan tubuh yang lebih fit serta terhindar dari perasaan lelah di siang hari. Di sisi lain, orang yang suka begadang dan bangun terlambat berkemungkinan untuk mendapatkan gangguan tidur sehingga akan merasa lelah dan kurang stamina dalam memulai hari.

3. Memiliki Waktu Ekstra untuk Memulai Hari

Kebiasaan terlambat bangun pagi akan membuat Anda menjadi sering terlambat dan harus bergegas untuk memulai aktivitas. Hal seperti ini umum dialami oleh mereka yang harus masuk kerja pagi. Hal ini akan memaksa mereka untuk mengambil camilan cepat saji yang tidak sehat atau malahan tidak sarapan sama sekali. Tentu hal seperti ini akan sangat berpengaruh kepada kesehatan dan dapat menurunkan tingkat konsentrasi selama melakukan aktivitas dengan keadaan tersebut.

Seseorang yang bangun terlambat berpotensi makan 248 kalori lebih banyak per hari dengan kemungkinan kecil buah dan sayur serta dua kali lebih banyak soda dan makanan cepat saji dibandingkan dengan orang yang tidur dan bangun lebih awal. Ketika Anda bangun pagi, Anda akan punya waktu untuk menyiapkan sarapan yang lebih sehat.

ketika memulai pagi dengan makanan sehat, kemungkinan Anda untuk ngemil yang tidak sehat tentu akan berkurang. Hal ini tentu juga mempengaruhi kesehatan tubuh sehingga dapat menekan potensi risiko kenaikan berat badan dan obesitas.

4. Memiliki Waktu untuk Latihan Pagi

Untuk orang yang sibuk, pagi hari merupakan satu-satunya waktu yang tepat untuk melakukan latihan. Setelah sekolah atau hari kerja yang panjang, pergi ke gym merupakan sesuatu yang sulit untuk dilakukan sehingga Anda mungkin merasa tidak termotivasi. Hal inilah yang menjadi permasalahan yang membuat banyak orang sangat mudah untuk melewatkan latihan setelah hari yang panjang.

Berolahraga di pagi hari merupakan waktu yang paling pas untuk membangun energi tubuh. Hal ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Selain itu olahraga juga berguna untuk mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan suasana hati, mengatur gula darah, mengontrol berat badan, meningkatkan fungsi kognitif , dan masih banyak manfaat lainnya.

Seorang pelatih kesehatan dan kebugaran Shawna Robins bahkan menyarankan untuk menyimpan botol air, sepatu, atau tikar olahraga di samping tempat tidur. Hal tersebut bertujuan agar Anda melakukan olahraga dengan mudah sehingga masuk ke dalam rutinitas latihan pagi.

5. Menjaga Suasana Hati dan Kesehatan Mental

Seseorang yang bangun pagi memiliki pikiran yang lebih positif dibandingkan dengan mereka yang sama seperti burung hantu. Orang ini cenderung lebih optimis, menyenangkan, teliti, dan puas dengan kehidupannya. Mereka yang bangun pagi juga jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan penyakit mental, seperti depresi atau kecemasan.

Orang yang bangun pagi biasanya akan tidur lebih awal juga, sehingga kualitas tidur tersebut akan terjaga dengan baik. Tubuh sendiri setidaknya membutuhkan tidur antara 7 sampai 9 jam. Ini merupakan rentang waktu yang dibutuhkan tubuh untuk memulihkan diri sehingga dapat menghasilkan tubuh dan pikiran yang lebih sehat.

6. Mengurangi Stres

Manfaat lain dari bangun pagi ialah dapat meminimalkan stres karena bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa krisis waktu dan tekanan. Tidak perlu terburu-buru untuk pergi ke tempat kerja, karena ada sedikit untuk menghindari Anda dari keterlambatan. Selain itu Anda juga memiliki sedikit waktu yang bisa di manfaatkan untuk melakukan istirahat sejenak setelah penat melakukan perjalanan menuju ke tempat kerja. Hal seperti ini sangat membantu tubuh dalam meningkatkan kemampuannya untuk memecahkan masalah.

7. Meningkatkan Produktivitas

Seseorang yang bangun pagi memiliki cukup waktu untuk menetapkan tujuan serta perencanaan untuk hari ini. Perencanaan ini berkaitan dengan peningkatan produktivitas karena Anda memiliki waktu ekstra dalam sehari untuk menyelesaikan tugas lebih awal serta mencoba hal-hal baru.

Hal ini juga memberikan Anda peluang untuk terhindar dari kelupaan, terutama jika Anda telah menuliskan rencana harian. Bukan itu saja, bagi Anda yang suka melanjutkan pekerjaan di pagi hari juga akan mendapatkan ketenangan karena kecenderungan pagi yang tenang sehingga memberi Anda waktu tanpa gangguan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

8. Menikmati Suasana Damai

Pada dasarnya tidak semua waktu pagi seseorang itu tenang dan damai, apalagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Akan tetapi bagi orang seperti ini, bangun pagi merupakan waktu yang sangat bagus untuk memulai rutinitas dengan santai dan tenang tanpa gangguan serta juga tidak tergesa-gesa.

Selain itu Anda juga memiliki waktu yang panjang untuk menikmati suasana setelah semua itu selesai. Hal ini tentu akan menambah waktu damai Anda untuk rehat tanpa adanya pekerjaan yang tertinggal.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika membiasakan bangun pagi hari. Pada dasarnya bangun pagi itu tidak hanya ditujukan kepada mereka yang memiliki pekerja di kantor atau lain sebagainya. Bagi Anda yang hanya bekerja di rumah atau seorang ibu rumah tangga, bangun pagi juga akan memberikan Anda banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan di awal waktu.

Hal ini tentu akan memberikan Anda waktu lebih untuk mengembangkan potensi diri ketika semua pekerjaan sudah selesai. Terlebih lagi Anda bisa melakukan semua hal tersebut dengan tenang karena sudah tidak adanya pekerjaan yang menjadi beban pikiran.

No comments for "8 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Fisik dan Mental"